10 Tips Mengatasi Kurang Tidur di Kantor

July 20, 2016 | By admin | Filed in: Waktu Senggang.

10 Cara Mengatasi Kurang Tidur di Kantor

Siapakah yang belum merasa kurang tidur ketika bekerja di kantor? Saya fikir, hampir semua pekerjaan pernah mengalaminya. Apakah dengan menguap sepanjang hari, sampai tertidur di meja kerja. Efeknya tentunya produktifas yang terganggu, dan potensial dimarahi oleh atasan tentunya.

Sebagai seorang pekerjaan kantoran, yang terkadang malam hari kurang tidur, entah karena tidak bisa tidur atau misalnya habis pulang kampung. Saya biasa menggunakan kereta api untuk balik ke Jakarta, dan sampai Stasiun Senen ini biasanya jam 03:00, hari senin. Padahal hari itu harus langsung kerja. Dan berikut adalah 10 tips mengatasi kurang tidur di kantor.

1. Naikkan suhu ruangan sampai anda merasa nyaman. Kondisi ruangan dingin membuat tubuh merasa ikut dingin dan dapat menyebabkan tubuh memberikan respon mengantuk, oleh karena itu ubahlah suhu ruangan (Jika menggunakan AC) naik senyaman mungkin, bisa 24 derajat atau 25 derajat

2. Pakailah baju yang hangat. Untuk mengurangi efek AC, dan biasanya tubuh akan merasa meriang jika dalam keadaan kurang tidur, maka pakai jaket atau sweeter. Ini akan membantu supaya tubuh anda tetap hangat dan terlindungi.

3. Buatlah minuman hangat. Membuat minuman hangat tidak ada salahnya, jika anda kekurangan tidur. Minuman ini bisa Jahe, Kopi atau Teh sesuai dengan selera anda. Jahe membantu membuat tubuh anda hangat kembali dan juga dapat mengurangi gejala meriang. Sedangkan kopi memiliki bahan aktif kafein yang bisa membantu anda terjaga. Pilihlah kopi yang sesuai dengan selera anda. Namun untuk konsumsinya harusnya dibatasi dikarenakan efek kafein dapat bertahan selama lebih dari 8 Jam.

4. Manfaatkan waktu istirahat untuk tidur. Jika sudah saatnya istirahat, maka selain makan dan ibadah, lanjutkan untuk tidur. Tidur siang ini membantu minimal mengurangi rasa kantuk anda. Jika memungkinkan tidurlah dengan posisi tidur, dan bukan bersandar pada kursi atau meja. Namun jika tidak memungkinkan maka atur senyaman mungkin untuk posisi tidurnya.

5. Atur pekerjaan secara kontinyu. Jika anda posisi kurang tidur dan tidak ada pekerjaan yang kontinyu, maka kemungkinan mengantuk lebih besar. Oleh karena itu atur jadwal pekerjaan anda dapat dikerjakan sepanjang waktu.

6. Pilih musik yang bersemangat. Pilihan musik sedikit menentukan, apakah mellow yang membawa mengantuk atau musik rock atau yang lainnya yang dapat membuat anda tetap terjaga dan tidak mengantuk.10 Cara Mengatasi Kurang Tidur di Kantor

7. Minumlah air putih yang cukup. Minum air putih yang cukup dapat membantu metabolisme, termasuk mengatur detak jantung agar lebih stabil dikarenakan tubuh kurang istirahat. Minum air putih ini diusahakan tidak dingin, namun hangat sehingga lebih enak di konsumsi. Namun jika anda kurang suka terhadap air hangat, maka diusahakan tidak terlalu dingin. Air yang dingin justru dapat memperlambat metabolism.

8. Berjalan-jalan lah ke ruangan atau tempat kerja yang lain. Bawa tubuh untuk tetap aktif, namun tidak dipaksakan. Berjalanlah ke ruangan yang lain untuk mendapatkan suasana yang lain sehingga tidak bosan. Pilihlah datangi rekan kerja, walaupun koordinasi bisa dilakukan dengan telepon.

9. Berjalan keluar dari kantor. Jika memungkinkan berjalanlah keluar kantor atau gedung untuk mendapatkan suasana baru dan jarak panjang yang lebih jauh. Keluar ini tidak harus lama, misalnya sambil makan siang diluar, atau ibadah di luar gedung. Keluar kantor ini tidaklah harus lama, namun 15 sudah cukup membuat anda lebih fresh lagi.

10.Bercanda n men gobrol dengan rekan kerja. Ini merupakan aktivitas yang mudah di dapatkan. Ajaklah mengobrol dan bercanda dengan rekan kerja, namun tetap dalam konteks pekerjaan ya. Dan diusahakan tetap tahu situasi, tidak boleh mengganggu rekan yang sedang sibuk mengerjakan pekerjaanya.

Jika sudah berhasil untuk tidak tertidur di kantor ini, setelah pulang usahakan untuk segera pulang ke rumah atau kost. Setelah semua ketika penting sudah selesai semisal mandi dan makan makan, segeralah pergi ke kamar tidur. Jauhkan gangguan yang mungkin dapat mengganggu tidur anda, seperti bunyi handphone, atau misalnya lampu yang masih menyala. Tidurlah dengan cukup sehingga besok dapat bangun dengan fresh dan siap kerja lagi. Tetap menjaga kesehatan dan tetap produktif dalam bekerja.


2 comments on “10 Tips Mengatasi Kurang Tidur di Kantor

  1. Kalo nyaman dengan apa yang dikerjakan gak akan terasa kalo udah seharian di kantor, 🙂

Leave a Reply