20 Peluang Pekerjaan Lulusan Psikologi

February 27, 2017 | By admin | Filed in: Karir.
20 Peluang Pekerjaan Lulusan Psikologi

20 Peluang Pekerjaan Lulusan Psikologi

Bagi yang sudah kuliah di psikologi atau mau mengambil jurusan psikologi ada baiknya mengetahui akan peluang pekerjaan lulusan psikologi ini. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai manifestasi kejiwaan. Dikarenakan psikologi mempelajari perilaku manusia itu makanya digolongkan kedalam ilmu sosial even ada beberapa universitas yang memasukkan kedalam ilmu sains.

Jurusan psikologi memang lebih banyak diminati oleh cewek, berkebalikan dengan jurusan di teknik. Namun untuk yang cowok dan sudah masuk ke jurusan psikologi, jangan khawatir, karena peluangnya malah lebih banyak.

Psikologi terbagi menjadi beberapa bagian besar bidang studinya diantaranya adalah psikologi sosial, klinis, perkembangan dan industri. Disini tidak akan saya uraikan satu persatu untuk bidang studinya tersebut. Banyak pertanyaan yang masuk ke saya yang menanyakan kalau jurusan psikologi ntar kerjanya di apa donk. Baik yang berasal dari jurusan psikologi sendiri maupun yang dari jurusan lain. Wajar memang ketika menanyakan peluang pekerjaannya dikarenakan masih kurang familiarnya jurusan ini jika dibandingkan misalnya keguruan yang profesinya lebih jelas.

Berikut adalah peluang jika anda lulusan psikologi:

  1. Human Resources Development (HRD)

Ini pekerjaan yang paling jamak lulusan psikologi, yakni menjadi HRD. Kabar baiknya hampir semua perusahaan membutuhkan HRD. Entah itu dari perusahaan kecil sampai perusahaan yang multinasional. Dari pemerintahan maupun swasta. Semua membutuhkan, oleh karena itu HRD ini paling banyak menyumbang kemana lulusan psikologi bekerja. HRD di dalam industri ada beberapa penyebutan misalnya Human Resources Management (HRM), Human Resources Develompent (HRD), Human Resources (HR), Human Capital (HC). Bidang pekerjaanya adalah handle berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. HRD ini ada beberapa bidang lagi, umumnya terbaik menjadi berikut:

  1. HR Operation, bidang kerjanya berkaitan dengan operasional karyawan semisal absensi, klaim pengobatan.
  2. Compensation and Benefit (CB) berkaitan dengan payroll atau penggajian karyawan include dengan bonus dan privilege untuk karyawan lainnya.
  3. Recruitment berkaitan dengan penerimaan karyawan dari hulu sampai hilir dari seleksi sampai test psikologi dan interview
  4. Organization Development (OD) berkaitan dengan pengembangan organisasi dan berikut berkaitan dengan performance management
  5. Training and Development (TD) berkaitan dengan training untuk pemenuhan kompetensi karyawan dan program pengembangan karyawan

Bidang ini bisa bertambah atau di gabungkan tergantung besar dan kecilnya organisasi. Ada beberapa perusahaan yang sampai memiliki assessor sebagai bidang sendiri aja juga yang di handle seorang diri, alias merangkap: judulnya jadinya HR Generalist (semua di urusin). Jadi belum tentu enak ya jadi HR.

  1. Konselor, lulusan psikologi memungkinkan untuk menjadi seorang konselor misalnya konselor remaja atau yang lainnya, di perusahaan yang levelnya besar jabatan konselor ini ada yang fungsinya berkaitan dengan konseling dengan karyawan yang membutuhkan. Kalau di luar perusahaan biasanya LSM atau NGO yang consent terhadap remaja, anak atau gender.
  2. Psikolog, jika anda lulus S1 psikologi dan melanjutkan kuliah S2 dengan konsentrasi psikologi profesi (Bisa psikologi klinis dewasa, klinis anak, psikologi pendidikan, psikologi industri dan psikologi sosial) maka anda akan mendapatkan gelar psikolog. Psikolog juga digunakan dibanyak industri pemerintah sampai militer dan swasta. Jika di perusahaan biasanya lebih ke recruitment dikarenakan untuk mengeluarkan hasil test psikologi yang memiliki legal hukum adalah psikolog. Sedangkan untuk S1 sebagai tester atau membuat membuat laporan dibawah supervisi dari seorang psikolog. Jika di rumah sakit seorang psikolog bisa menjadi seorang konselor klinis terhadap gangguan jiwa ataupun yang berkaitan dengan hambatan perkembangan mental anak. Namun ada banyak lagi jenis pekerjaan yang ada di psikolog ini. Misalnya mendirikan tempat praktik sendiri seperti seorang dokter. Praktik psikolog ini bisa berkaitan dengan tempat konsultasi ataupun tempat test calon karyawan.
  3. Guru Bimbingan Konseling, jika anda minat untuk menjadi seorang guru maka yang cocok untuk lulusan psikologi adalah menjadi guru bimbingan konseling. Untuk sekolah yang memiliki guru khusus yang berkaitan dengan bimbingan konseling mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Banyak kebutuhan guru bimbingan konseling ini jika dibandingkan dengan yang minat. Namun tidak semua sekolah mempunyai lowongan ini biasanya adalah sekolah swasta yang cukup besar. Tugas dari seorang guru bimbingan konseling adalah memberikan bimbingan dan konseling dengan anak yang berkaitan dengan masalah anak di sekolah seperti berkaitan dengan hambatan belajar ataupun untuk memaksimalkan potensi anak di sekolah.
  4. Dosen Psikologi, jika anda meneruskan ke S2 maka anda memiliki peluang untuk menjadi seorang dosen. Menjadi seorang dosen untuk sekarang memang di syaratkan yang sudah lulus S2. Untuk menjadi dosen pun banyak pilihannya. Bisa di bidang sosial, perkembangan, klinis, perilaku industri, umum. Jadi kalaupun anda mendaftar menjadi seorang dosen maka akan banyak pilihan sesuai dengan bidang anda selama S2 dan juga posisi lowongannya. Apakah mudah menjadi seorang dosen psikologi? Berdasarkan pengalaman untuk S1 yang melanjutkan ke S2 tidaklah banyak sehingga peluang untuk menjadi seorang dosen banyak sekali. Terutama universitas swasta.
  5. Peneliti, untuk yang memiliki passion sebagai seorang peneliti tidak salahnya anda mencoba pekerjaan ini. Baik anda seorang lulusan S1 ataupun S2. Banyak lowongan yang membutuhkan seorang peneliti di perusahaan besar dan kalau lembaga penelitian yang sudah terkenal di Indonesia semisal LIPI. Bisa juga menjadi peneliti di LSM ataupun di pemerintahan yang biasanya berkaitan dengan kajian kebijakan public dan jika di perusahaan berkaitan dengan kepuasan pelanggan.
  6. Penulis buku, pekerjaan ini tidak bisa dipandang sebelah mata, coba lihat di toko buku semisal Gramedia, untuk buku yang berkaitan dengan psikologi sangat banyak dan biasanya ditempatkan tersendiri. Untuk buku yang berkaitan dengan psikologi lebih banyak buku yang terjemahan, sedangkan untuk penulis Indonesia belumlah banyak. Sekarang untuk mencari penerbit tidaklah sesusah dulu, kalaupun naskah anda di tolak anda dapat mencoba self publishing yang mulai naik daun di Indonesia. Anda juga bisa menjualnya langsung secara online baik dalam bentuk buku maupun yang berbentuk ebook. Jika karya anda banyak dan berkualitas maka membuat satu buku bisa setara dengan bekerja di perusahaan atau BUMN selama 2/3 tahun.
  7. Penerjemah buku, Selain menjadi penulis buku yang berkaitan dengan psikologi, anda juga bisa menjadi penerjemah buku. Tentunya salah satu syaratnya adalah pengusaan bahasa asing semisal Inggris, Jerman ataupun Arab. Buku yang sudah terkenal di Luar Negeri akan lebih mudah untuk terjual. Banyak penerbit yang mencari seorang penerjemah buku dikarenakan pekerjaan ini belum banyak yang melakukan.
  8. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus, sebuah pekerjaan yang menarik jika anda tahu celahnya. Terapis anak berkebutuhan khusus, kalau di Indonesia yang paling banyak adalah terapis untuk anak Autis. Jumlah anak Autis tidak sebanding dengan jumlah terapis yang lulusan psikologi. Terapis ini kerjasama dengan lembaga atau anda bekerja pada sekolah anak berkebutuhan khusus. Untuk pekerjaannya adalah terapi anak agar kembali atau membuatnya dapat mandiri dan sesuai dengan perkembangannya.
  9. Trainer, jika menyukai yang berkaitan dengan pelatihan, pekerjaan menjadi trainer bisa untuk di coba. Trainer disini bisa ikut lembaga training ataupun brand secara personal. Jika ikut lembaga biasanya training yang berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, kelompok ataupun organisasi. Namun jika menjadi trainer brand personal bisa mengambil kelas khusus atau sertifikasi yang menjadi passion anda. Misalnya Hipnotis, Hipnoterasi, atau NLP dan sebagainya. Sangat luas untuk pekerjaan yang berkaitan dengan training. Yang lagi naik daun anda bisa menjadi trainer di event outbond. Kalau outbond ini untuk brandnya lebih familiar. Sedangkan untuk content-nya bisa di customize karena sangat banyak untuk materi yang berkaitan dengan outbond. Untuk penghasilan seorang trainer tidaklah bisa dipandang sebelah mata. Jika anda menjual sebuah training atau pelatihan hasilnya bisa melebihi dari pada menjadi karyawan di perusahaan. Kalau sudah punya brand bahkan untuk pendapatannya satuannya adalah perjam tampil
  10. Guru sekolah kepribadian, selama kuliah pasti akan sering mendengar untuk kata kepribadian, karena ini adalah satu satu domain utama dari jurusan ini. Artikel yang berkaitan dengan kepribadian sudah banyak saya tulis di dalam blog ini. Menjadi guru sekolah kepribadian bukan hal yang tidak mungkin. Apakah memang benar ada sekolah kepribadian? Ada, misalnya di Jakarta ada sekolah kepribadian yang bertujuan untuk misalnya merubah kepribadian anak, atau merubah kepribadian diri, atau kepribadian menjadi public figure yang biasanya diminati orang yang akan atau sudah menduduki jabatan public seperti calon anggota DPR, artis, Anggota DPR ataupun pejabat public lainnya.
  11. Pekerja sosial untuk jenis pekerjaan ini diperlukan orang yang memiliki passion sosial dan semangat untuk melayani yang tinggi. Relawan ini dapat bekerja di LSM atau NGO yang menjamur di Indonesia. Baik yang berkaitan dengan masalah sosial ataupun penyakit ataupun gangguan jiwa. Banyak LSM yang konsen misalnya terhadap masalah sosial, anak gelandangan, pengemis, gelandangan psikotik, masalah anak yang terlantar dan mengalami kekerasan, pengembangan komunitas. Sangat luas sekali. Sedangkan untuk di pemerintahan juga ada, namanya pekerja sosial. Misalnya di kementrian sosial atau kementrian kesehatan membutuhkan banyak sekali pekerja sosial lulusan psikologi.
  12. Pelobi, sepertinya sederhana, namun dalam korporasi yang besar team pelobi ini sangat dibutuhkan misalnya untuk mendapatkan proyek yang baru, untuk negosiasi kesempakatan bisnis, psikologi berperan menjadi salah satu team yang memberikan informasi dan tracking latar belakang partner yang akan di lobi, misalnya berkaitan dengan hobi, kesenangan, pola pengambilan keputusan, kepribadian, hal yang tidak di suka, tempat yang di suka, lengkap sekali. Sebagai informasi untuk perusahaan asing yang ada di Indonesia, untuk negosiasi menerjunkan banyak pelobi, bahwa untuk satu proyek bisa sampai bertahun-tahun baru deal. Ini membutuhkan team yang kuat. Untuk detailnya memang tidak saya sampaikan disini, bagaimana pola-pola negosiasi yang dilakukan.
  13. Research n Development, R n D, ini adalah pekerjaan yang ada pada perusahaan yang digunakan untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk yang akan di pasarkan ke konsumen, tergantung pada bidang industrinya, misalnya untuk Gadget yang dikeluarkan oleh perusahaan Korea untuk produk Samsung, atau Perusahaan Amerika yang mengeluarkan produk Iphone. Dalam researchnya tentu memperhatikan banyak aspek, berkaitan dengan perilaku, tentunya yang memiliki kompetensi ini salah satuny adalah lulusan Psikologi, oleh karena itu dalam research untuk pengembangan produknya misalnya adalah, bagaimana perilaku konsumen Eropa dalam memegang Gadget, Asia bagaimana, kemudian bagaimana perilaku konsumen dalam menyimpan, menggunakan atau misalnya desain yang bagaimana yang dianggap konsumen memiliki nilai wah, dan ini karena pemasarannya global, oleh karena itu harus diperhatikan aspek detail dan diwujudkan dalam produk yang harapannnya tidak ada resistensi dari konsumen dan dapat diterima semua kalangan.
  14. Staff Ahli, staff ahli ini bisa untuk perusahaan atau untuk pemerintahan, memang untuk untuk fresh graduate atau entry level, jika sudah memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni, jabatan ini cukup menarik. Jika di dalam pemerintahan, Presiden bahkan dalam kerjanya di bantu juga dengan staff ahli tergantung bagiannya apa, Anggota Dewan juga ada, dari Gubernur, Bupati juga ada. Kemudian psikologi memiliki kontribusi apa dalam membantu pekerjaan publik pemimpin-pemimpin Indonesia, Tentu ingat bagaimana presiden SBY dalam setiap pidato menggunakan gesture yang kelihatan berwibawa, penggunakan gesture tertentu dalam penekanan kalimat dan sebagainya. Ini tidaklah alami, namun ada team yang memberikan masukan untuk gesture apa yang sesuai, bagaimana gaya pidatonya, kemudian pemilihan kata-kata. Ini sepertinya sederhana namum dampaknya sangat besar, misalnya pidato politik yang tujuannya adalah untuk influence masyarakat, pemilihan kata, pembawaaan diri memiliki kontribusi untuk menggolkan tujuan dari pidato politik. Hal tersebut ada ilmunya, dan saya secara pribadi untuk jabatan-jabatan publik yang sering tampil di Media memiliki team yang bisa membantu untuk mencreate sebuah tampilan yang bisa diterima oleh semua kalangan. Tentunya pernah dengar juga jabatan-jabatan publik di Luar Negeri yang harus mengundurkan diri karena blunder dalam menyikapi permasalahan tertentu, atau karena isi status twitter, atau tindakan yang diluar pekerjaan namun mempengaruhi jabatan. Oleh karena semua mata memperhatikan ke pejabat publik, oleh karena itu ada baiknya dalam setiap pembuatan pernyataaan resmi dan sebagainya melibatkan staff ahli.
  15. Konselor karir, kedengarannya memang asing mungkin di telinga pembaca, namun dengan meningkatnya gaya hidup di negara kita, termasuk pekerjaan, membutuhkan seorang konselor karir untuk membantu klien dalam mempertimbangkan sebuah job yang baru, atau job yang sekarang, kesesuaian dengan klien, dapat juga berisikan tentang membantu klien dalam meningkatkan pembuatan CV, teknik interview atau berkaitan dengan tekanan dalam pekerjaan.
  16. Psikolog Olahraga, psikolog olahraga untuk diluar negeri memang sudah menjadi sebuah pekerjaan yang umum. Di Indonesia mulai ada juga, terutama untuk membantu altet yang akan bertanding baik di kejuraan dalam negeri maupun luar negeri. Yang lebih umum lagi terdapat dalam olahraga sepak bola. Apa sih tugas dan peran seorang psikolog olahraga ini?, diantaranya adalah untuk membantu performance dari altet dari sisi psikologi, memberikan motivasi seperti halnya meningkatkan tingkat kepercayaan diri, mengurangi hambatan diri dan juga salah satu treatment ketika atlet cedera.
  17. Psikolog Forensik, pekerjaan ini sangatlah spesifik, jika di Indonesia adalah Dokter Forensik, ada juga Psikolog Forensik, dan keduanya jumlahnya sama terbatasnya. Psikolog forensik ini bertugas biasanya di wilayah hukum, misalnya membantu dalam penyelidikan sebuah kasus yang spesifik seperti kriminal. Pekerjaan ini membutuhkan analisa yang mendalam karena berkaitan dengan penyidikan sebuah kasus. Mempelajari pola dan perilaku manusia adalah sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.
  18. Psikolog Klinis, pekerjaan ini mengkhususkan diri berkaitan dengan gangguan mental. Seorang psikolog klinis membantu individu untuk kembali menjadi seorang yang mampu beradaptasi lagi dengan lingkungnya dan menjadi kehidupan menjadi normal. Gangguan mental yang dimaksud termasuk banyak sekali dari kecemasan, phobia, gangguan kepribadian, psikotik sampai skizoprenia. Dan ini merupakan salah satu jurusan di S2 Psikologi yang membutuhkan extra waktu dan tenaga untuk bisa lulus.
  19. Guru PAUD, TK dan SD, berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru bahwa salah satu kualifikasi untuk Guru PAUD, TK dan SD salah satunya adalah dari jurusan Psikologi dari program studi yang sudah terakreditasi. Ini menjadi sebuah alternatif, jika setelah lulus ingin mengajar.

Dari 20 jenis pekerjaan yang coba saya rangkum ini, semoga bermanfaat sebagai salah satu referensi untuk ketika akan, sedang atau sudah lulus dari jurusan ini. Jika dirasa bermanfaat, share-lah ke orang lain yang dirasa membutuhkan informasi ini. Terima kasih.


276 comments on “20 Peluang Pekerjaan Lulusan Psikologi

  1. Amanda says:

    kak, apa perbedaan psikolog klinis dewasa dan psikolog klinis anaka anak?

    • admin says:

      kalau psikolog klinis dewasa menangani permasalahan untuk usia dewasa, kalau untuk psikolog klinis anak-anak untuk usia anak2 🙂

  2. mas numpang tanya, saya orangnya agak buruk di sosial, cenderung tertutup. apa dengan masuk psikologi,bisa banyak membantu saya? oiya apa sosial saya yang buruk sangat menghambat kuliah psikologi juga?

    • admin says:

      tidak menghambat, tetap semangat. setiap ilmu pengetahuan itu pertama berguna untuk diri sendiri baru untuk lingkungan.,

  3. indrazak says:

    Psikologi Unpad khusus untuk jurusan IPA kok

Leave a Reply