5 Alasan Kuat Kuliah Jurusan Psikologi

January 9, 2017 | By admin | Filed in: Karir.
5 Alasan Kuat Kuliah Jurusan Psikologi

5 Alasan Kuat Kuliah Jurusan Psikologi

Sebagai salah satu orang yang lulusan dari jurusan Psikologi, tidak ada salahnya juga saya akan mempromosikan jurusan ini. Jurusan Psikologi memang tidak setenar atau sefamiliar misalnya jika dibandingkan dengan jurusan kedokteran. Namun ternyata dari pengakuan temen-temen saya yang mengambil jurusan ini salah satu faktornya karena tidak di terima dari Jurusan Kedokteran. Jangan-jangan Jurusan ini hanya untuk para pelarian. Hehe. Tapi apakah seburuk itukah reputasi jurusan ini, kalau menurut saya tidak. Jurusan ini memang distinct jika dibandingkan dengan ilmu sosial lainnya. Oleh karena itu ada baiknya kita simak kenapa sih harus kuliah di Psikologi.

1. Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari manusia sebagai individu, oleh karena itu selain belajar ilmu pengetahuan, kita akan semakin mengenal diri kita sendiri. Mengenal diri sendiri dalam arti, misalnya ada sebuah mata kuliah yang membahas bagaimana tingkah laku itu bisa muncul, apa sebabnya dan tingkah laku apa yang muncul dikemudian hari. So, minimal nanti akan tahu kenapa kadang orang itu marah-marah tidak jelas, tanpa sebab, atau ada temen atau dosen yang tiba-tiba marah. Berkaitan dengan tingkah laku ini tentunya sangat berguna dalam kehidupan, jika misalnya dalam konteks pekerjaan di perusahaan, maka jika kita telah belajar berkaitan dengan perilaku maka minimal bisa mendeskripsikan apa saja yang mempengaruhi karyawan untuk berprestasi lebih di kantor, kemudian apa yang harus dilakukan jika karyawan di kantor tidak memiliki semangat untuk berprestasi atau bagaimana cara menjaga agar karyawan tetap berprestasi. Ini hanyalah contoh kecil dalam konteks pekerjaan, akan, dan tentunya banyak bidang yang membutuhkan ilmu seperti diatas. Dan itu hanya sebagian kecil mata kuliah yang ada di Psikologi.

2. Ketika memilih jurusan ini, peluang untuk membantu orang lebih banyak, kenapa? Salah satunya adalah berkaitan dengan konseling dan psikoterapi. Ketika mendengar kata konseling, maka dibenak adalah adanya hambatan yang dialami oleh seseorang, padahal jika didalami lebih jauh, konseling tidak adanya untuk yang memiliki hambatan/masalah namun juga untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada individu. Nampaknya sederhana, namun konseling dan psikoterapi ini dapat membantu lebih banyak orang yang memiliki hambatan, masalah atau gangguan atau juga untuk mengoptimalkan potensi diri atau anak. Membantu dalam konteks keilmuan psikologi, yang konsepnya adalah membuat individu mandiri dalam menyelesaikan masalahnya, membantu individu untuk menentukan langkah yang harus ditentukan, atau membantu individu untuk menemukan dirinya, membantu individu menemukan potensi yang ada di dalam dirinya dan bagaimana untuk mengaktualisasikan dirinya. Sedangkan dalam konsep psikoterapi adalah membantu individu kembali kepada perilaku normal/rata-rata dalam masyarakat, dan lebih dikhususkan untuk individu yang memiliki gangguan kepribadian atau gangguan jiwa. Bagaimana individu dengan program yang diberikan mampu menghilangkan atau mengurangi symptoms yang tidak sesuai dengan “normal”.

3. Jika dihubungkan dengan karir, jurusan ini cukup memberikan angin segar, sebagaimana yang sudah pernah saya tulis, yakni 20 Peluang Pekerjaan Lulusan Psikologi. Dimana akan ada banyak peluang pekerjaan lulusan jurusan ini. Walaupun banyak yang awalya masuk jurusan ini belum mengetahui peluang pekerjaan yang mungkin mereka akan geluti dikemudian hari, namun ada baiknya jika anda ingin kuliah jurusan ini maka dapat mempelajari terlebih dahulu. Sebagai orang yang akan masuk jurusan ini ada baiknya membaca peluang pekerjaan tersebut, apabila dari banyak macam pekerjaan tersebut tidak ada yang sesuai dengan keinginan anda, ada baiknya anda mempertimbangkan kembali pilihan anda masuk ke jurusan ini. Tipe pekerjaan yang spesifik dan jarang dapat dimasukin oleh bidang lain, oleh karena itu ke depan dengan berkembangnya Negara kita, kebutuhan lulusan ini sangat kurang jika dibandingkan dengan jumlah lulusannya di seluruh Indonesia.

4. Jurusan Psikologi ini tidaklah mudah atau gampang, namun menantang. Kenapa demikian, terkadang ada terbersit dalam benak anak SMA, ketika akan memilih jurusan kuliah, misalnya karena tidak menyukai dunia hitung menghitung, maka mereka memilih jurusan yang minim banget hitungannya, misalnya ya Jurusan ini. Padahal itu adalah salah besar, kenapa demikian, memang selama kuliah ini akan minim sekali untuk hal hitungan. Namun, psikologi ini berusaha mendeskripsikan sebuah fenomena, mengumpulkan data, menganalisa, dan memprediksi. Gabungan tersebut levelnya adalah diatas menghitung atau hitung-hitungan yang selama ini anda takuti. Hitung menghitung adalah basic, namun jika anda harus mendeskripsikan fenomena, gejala, mengumpulkan data, menganalisa, dan juga memprediksi ke depannya berdasarkan data dan fakta yang ada, ini adalah sangat kompleks. Tetapi bukan berarti Psikologi susah dipelajari juga, namun di situlah tantangannya.

5. Jalan untuk menjadi Psikolog, jalan satunya secara formal ketika ingin menjadi seorang psikolog adalah mengambil jurusan ini. Profesi Psikolog terkadang tercampur dengan Profesi Psikiater, mudahnya senjatanya Psikolog adalah adalah terapi saja, sedangkan Psikiater adalah terapi dan obat. Untuk menjadi Psikolog harus dari jurusan Psikologi, sedangkan untuk menjadi Psikiater, harus dari jurusan Kedokteraan. Psikolog merupakan orang yang mendapatkan lisensi (ijazah) dari Universitas untuk memberikan bantuan Psikologi. Bantuan psikologi ini sangatlah beragam. Sebagai gambarannya jika di Indonesia, ada Psikolog Klinis ini yang menangani gangguan Kepribadian atau gangguan Jiwa. Psikolog Pendidikan ini yang memberikan bantuan psikolkogi dalam bidang pendidikan, misalnya gangguan belajar. Psikolog Industri ini yang memberikan bantuan psikolgo dalam bidang industri misalnya berkaitan dengan seleksi, training, performance karyawan.

5 Alasan Kuat Kuliah Jurusan Psikologi dapat memberikan sedikit gambaran ketika anda sedang mencari, mempertimbangkan untuk kuliah di Jurusan ini. Silahkan ditimbang apakah jurusan ini sudah sesuai dengan harapan anda selain belum.


4 comments on “5 Alasan Kuat Kuliah Jurusan Psikologi

  1. Reka Kusnadi says:

    Kak boleh aku nanya?? Suka duka nya jadi pesikolog itu apa

  2. Rega Prasetya says:

    Kak, dalam matematika & Inggris saya kurang, apakah ini dapat menjadi nilai minus atau penghambat bagi saya sendiri selama menjalani kuliah psiko ini ??

Leave a Reply