Apa Saja Bentuk Soal Tes Kepribadian Psikologi itu?

February 28, 2017 | By admin | Filed in: Karir.

Soal Tes Kepribadian Psikologi

Banyak yang bertanya kepada saya, mentah-mentah ane lulusan psikologi, ada yang bertanya bagaimana bisa lolos tes psikologi untuk PNS, BUMN ataupun Swasta. Mereka penasaran apa saja sih soal tes psikologi, terus soal tes kepribadiannya. Bagaimana menentukan lulus dan tidaknya seseorang dan bagaimana cara lulusnya. Mereka tidak salah bertanya, karena terkadang tes psikologi biasanya minim informasi, bagaimana kriteria kelulusannya. Apalagi yang tes kepribadian. Disini akan saya sharing sedikit tentang tes kepribadian psikologi yang biasa dipakai untuk tes di perusahaan. Kenapa saya sharing, apakah tidak takut dengan kode etik psikologi? Hehe, sebagai informasi di psikologi ada kode etik psikologi, semacam kode etik profesi, sama seperti profesi dokter ataupun yang lainnya. Termasuk salah satuny adalah memperjual belikan alat tes, memberikan bocoran dan sebagai adalah sesuai yang tidak boleh. Namun disini saya akan memberikan gambaran apa itu tes kepribadian psikologi

Pertama, ada baiknya mengetahui apa itu psikologi sebagai pembuka untuk mengetahui tes kepribadian psikologi. Psikologi mudahnya adalah ilmu untuk mempelajari perilaku manusia. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perilaku manusia menjadi objek psikologi, oleh karena itu ada psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi industri dan psikologi klinis. Penggolongan ini dimaksudkan untuk membedakan konteks perilaku manusia, penggolongan ini bisa lebih banyak lagi.

Sedangkan kepribadian mudahnya adalah sistem diri dalam merespon lingkungan. Sistem diri ini banyak macamnya semisal sifat, tingkah laku, nilai, emosi dan banyak lain dalam merespon lingkungan. Ketika individu ini merespon lingkungan maka akan muncul suatu keunikan atau khas pada individu. Misalnya bagaimana dia merespon adanya teguran, pujian, makian atau bagaimana respon ketika berkenalan dengan orang baru. Respon ini masing-masing orang berbeda dan khas. Namun pada dasarnya dapat di golongkan. Penggolongan ini adalah sebuah upaya untuk menyederhanakan kepribadian. Oleh karena itu tokoh-tokoh psikologi dengan berbagai pendekatan mengemukan teori yang selanjutkan diterjemahkan dalam alat ukur untuk menggolongkan kepribadian individu. Penggolongan kepribadian bermacam-macam tergantung pada teori yang dipakai, ada yang hanya membagi menjadi dua, misalnya ekstrovert dan introvert, atau yang sampai 16 need (kebutuhan).

Di Indonesia lazimnya untuk penerimaan di perusahaan, pegawai negeri sipil atau militer menggunakan dua acuan yakni inteligensi dan kepribadian. Sedikit berbagi bahwa inteligensi pengertian gampangnya adalah kemampuan mental individu dalam merespon lingkungan. Jadi kalau orang menganggap jika IQ seseorang pandai atau pintar, pada dasarnya adalah kemampuan lebih seseorang dalam merespon secara efektif terhadap lingkungan.

Apa Saja Soal Tes Kepribadian Psikologi itu?

Selanjutnya apa saja soal tes kepribadian psikologi itu, isinya adalah sekumpulan pertanyaan, jika metodenya adalah menggunakan pertanyaan. Yang biasanya berisikan pilihan atau isian, dimana yang tes di suruh untuk melengkapi atau memilih. Biasanya tidak ada jawaban benar dan salah, berbeda dengan sama tes inteligensi. Muaranya adalah, apapun tes kepribadian itu, akan mencoba menggolongkan kecenderungan jawaban yang dijawab oleh teste tentunya berdasarkan alat ukur yang dipakai. Hasilnya adalah kecenderungan teste dalam merespon situasi, dikumpulkan dalam satu kategori atau beberapa kategori. Sedangkan model tes psikologi kepribadian yang misalnya bentuknya gambar, sebagai gambaran tes tersebut adalah tes proyeksi, maksud tes proyeksi adalah tes yang berikan stimulus yang ambigu untuk memicu respon dari teste, respon yang diharapkan berdasarkan alam bawah sadar manusia, sesuatu yang sudah terpola. Harapannya tes ini dapat mendapatkan data kecenderungan respon dari teste secara tidak sadar, dan akan diintepretasi dengan tool-tool yang rumit sehingga sampai menjadi sebuah klasifikasi kepribadian.

Pertanyaan selanjutkannya adalah kenapa orang yang akan bekerja di tes seperti ini? Perusahaan, atau institusi apapun, dalam hal ini saya bilang customer menginginkan tipe-tipe tertentu, karakteriktik-karakteristik tertentu untuk mengisi sebuah jabatan yang kosong atau dicari. Jabatan ini memiliki kriteria tertentu, karena tugas dan tanggung jawabnya berbeda, orang karena itu membutuhkan tipe individu yang memenuhi kebutuhan customer. Salah satu jalannya adalah dengan mengadakan tes untuk calon karyawan tersebut, customer sudah menetapkan orang dengan inteligensi bagaimana, tipe kepribadian bagaimana atau cara kerja bagaimana yang sesuai untuk posisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu anda jika tes, disatu perusahaan tidak lolos, dan di satu perusahaan lolos. Itu dikarenakan perbedaan standar, atau perbedaan karakteristik yang diminta. Jadi, jika anda tidak lolos tes baik di perusahaan, BUMN, PNS itu dikarenakan anda tidak sesuai dengan tipe yang diminta, bukan karena anda bodoh atau bagaimana.

Saya sebagai orang yang pernah belajar berkaitan dengan alat tes, melakukan tes sampai ratusan orang lebih, melakukan analisa dan intepretasi, juga bisa gagal ketika tes di perusahaan lain. Bisa juga dikarenakan kualifikasi saya masih kurang sesuai dengan yang diharapkan dengan customer. Jika dapat diambil kesimpulan, kalau tidak perlu anda mempelajari alat tes kepribadian psikologi, karena pada dasarnya tes ini gampang, yang menjadi tolak ukurnya adalah keinginan customer dengan tipe orang yang diinginkan. Jika anda, sudah puluhan kali tes di untuk mendapatkan pekerjaan, namun anda selalu ditolak atau gagal, barangkali kali anda memang kurang cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan supervisi dari atasan, atau memiliki sifat/trait yang tidak sesuai dengan keinginan customer misalnya kurang teliti, kurang dapat bersosialisasi atau kurang dapat bekerja sama dengan team. Oleh karena itu tidak semua tipe kepribadian cocok bekerja di perusahaan. Bisa jadi kepribadian anda sesuai untuk menjadi pendiri perusahaan, atau anda cocok ber-entrepreneur sendiri.


Tags: , , ,

3 comments on “Apa Saja Bentuk Soal Tes Kepribadian Psikologi itu?

  1. […] singgung berkaitan dengan kepribadian ini, dari Bagaimana Cara Membentuk Kepribadian Seseorang dan Apa Saja Bentuk Soal Tes Kepribadian Psikologi itu? . Memang kepribadian itu luas sekali. Kalau di Indonesia banyak yang mengulas berkaitan dengan 4 […]

  2. Hendra Eko says:

    saya tertarik dengan tulisan anda mengenai macam-macam tes kepribadian psikologi. postingan ini akan sangat bermanfaat bagi yang memiliki keinginan untuk melakukan tes psikologi.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Psikologi

Leave a Reply