Bagaimana cara memanfaatkan waktu senggang untuk menambah semangat hari esok

June 7, 2014 | By admin | Filed in: Waktu Senggang.

waktu senggang

Cara memanfaatkan waktu senggang, disela rutinitas kerja yang dijalani setiap hari. Dari jam 08.00-17.00 bekerja di depan computer dan kalaupun anda kerja dilapangan, bekerja di tengah terik matahari yang membakar. Barangkali akan membuat anda lupa untuk cara memanfaatkan waktu senggang, dikarenakan dengan rutinitas kerja yang begitu menyita waktu. Ada yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bekerja kembali diluar kerja utamanya, hal tersebut bisa dikarenakan pekerjaan utamanya dirasa kurang dapat memberikan pendapatan yang optimal, ada juga karena pekerjaan utamanya belum sesuai dengan kepribadiannya. Namun juga ada yang menggunakannya untuk melakukan hobi atau aktivitas diluar aktivitas utamanya untuk mendapatkan kesenangan.

Saya sendiri, sebagai pekerja kantoran memiliki beberapa hobi, salah satunya adalah menulis, sedangkan lainnya adalah terkadang saya menikmati waktu luang dengan ngegame. Ada dua game yang masih saya mainkan yakni Winning Eleven Pro Evolution Soccer 2007. Game yang bagi sebagian orang game yang sudah jadul dan ketinggalan zaman. Saya menikmati permainan ini dengan memainkan sebuah liga, dimana team yang saya bentuk, biasanya saya membeli pemain yang potensial, dan memainkan dan melatih sampai memiliki kemampuan yang tinggi. Kedua adanya, saya menyukai strategi ketika memainkan pemain, beberapa formasi untuk menghadapi team lawan, dan selalu haus gol. Saya biasanya memainkan sendiri dengan joystick. Uniknya setelah pemain pensiun, maka secara system akan kembali muda lagi. Namun saya biasanya tidak akan memakai pemain yang sama, kalau sudah pensiun.Game ini saya kenal ketika masih kuliah, dikenalkan oleh teman sekamar saya.

Game ini memberikan beberapa pelajaran yang menarik bagi saya, semangat untuk selalu mencoba mencetak gol ke lawan, bagaimana mental ketika sedang ketinggalan score. Dan berusaha selalu bekerja sama dengan team di lapangan dan bukan one man show. Yang kedua, dimana saya menyadari, bahwa setiap individu yang diciptakan diberikan talent yang berbeda. Di awal talent itu nampak, namun belum kelihatan menonjol. Oleh karena itukan dibutuhkan training dan jam terbang untuk membuat menjadi perform. Biasanya saya bersedia menunggu beberapa musim untuk melatih dan memberikan pemain muda berbakat untuk tampil sebagai starting eleven. Namun ternyata tidak semua bisa memberikan performance sesuai yang diharapkan. Namun ada juga yang performance-nya melebihi harapan. Saya menghubungkan dengan pekerjaan saya sebagai bagian dari training and development. Memahami bahwa ada karyawan yang memiliki talent yang nampak, namun masih perlu dipoles untuk meningkatkan performancenya. Yang paling penting adalah memberikan kesempatan untuk berkembang, walaupun pada akhirnya tidak semua bisa perform.

Game kedua yang masih saya mainkan setelah sekian lama tidak saya mainkan adalah erepublik.com. Game online ini merupakan game yang secara virtual seperti kehidupan nyata. Kita memiliki Negara, ekonomi, menjadi pekerja, menjadi pengusaha dan berperang. Uniknya tidak membutuhkan waktu lama untuk memainkannya, paling 10 menit sehari. Saya menikmati game ini adalah dengan memainkan beberapa fitur dari game ini, yakni ikut bekerja pada pengusaha, memiliki perusahaan yang menghasilkan makanan dan senjata. Mengikuti perang. Di game ini, Indonesia menguasai Malaysia dan Australia. Kalau yang ini tidak sesuai dengan kenyataan. Ketika bekerja di perusahaan orang, jika juga dibayar dengan uang virtual rupiah dan kalau kita membeli barang, senjata atau makanan juga menggunakan uang virtual. Dengan Negara lain, Indonesia, biasa ditambahkan e sehingga jadi eindonesia kalau di game ini, memiliki hubungan dengan Negara lain, baik perdagangan dan semacam diplomatic, apakah bersekutu atau menjadi musuh. Digame ini juga ada pemberontakan terhadap Negara definitive, beberapa kali ikut sebagai pemberontak, namun seringnya ikut membantu eindonesia untuk mengatasi gejolak ini.

Digame ini saya belajar bagaimana merintis usaha, membeli bahan baku, dan menjual produk hasil produksi, walaupun sekarang masih fokus untuk produksi dan belum menjualnya. Di erepublik.com memang ada fitur kita kalau mau membuat perusahaan. Baik perusahaan yang memproduksi bahan baku atau pabrik yang memproduksi senjata. Membuat perusahaan mahal, sehingga saya harus menabung dan bersabar, dengan mengikuti permainan ini untuk mendapatkan gold sebagai salah satu pembayaran untuk pembuatan perusahaan.

Cara memanfaatkan waktu senggang memang berbeda, namun ada baiknya jika waktu senggang dapat digunakan untuk membuat kita lebih dapat bersemangat untuk menjalani hari berikutnya. Banyak yang saya kerjakan diwaktu senggang, dan sering saya plan kan untuk memiliki waktu senggang di setiap bulanan untuk melakukan hal-hal yang saya inginkan selain kegiatan yang tadi saya sebutkan.


Tags: , ,

Leave a Reply