Bagaimana Cara Memilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Kepribadian?

June 8, 2014 | By admin | Filed in: Karir.

cara memilih pekerjaan

Cara memilih pekerjaan menjadi topik menarik untuk dibahas. Apalagi setelah lulus SMA atau kuliah. Saya sendiri, masih mengalami proses dalam hal memilih pekerjaan. Namun disini saya akan membagi bagaimana cara memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian. Kenapa ini penting, karena pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang akan menyita, bisa-bisa 1/3 dari waktu harian kita. Kenapa harus sesuai dengan kepribadian? Karena harapannya pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian akan memiliki motivasi yang lebih.

Diartikel sebelumnya telah saya tulis berkaitan dengan berkaitan dengan kenapa kepribadian dijadikan sebagai salah satu alat penyaring orang masuk kerja dan contoh salah satu web yang kita dapat tes kepribadian online gratis. Selanjutnya adalah bagaimana kita dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian. Jika anda belum pernah tes psikologi dan mendapatkan feedbacknya berkaitan dengan minat dan bakat, anda tidak usah khawatir. Ada banyak cara untuk mengetahui kepribadian kita jika dikaitkan dengan pekerjaan.

Pada mulanya, ketika anda memilih jurusan, di konteks inilah salah satu gerbang anda nanti mencari kerja. Bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat? Pertama jangan terbawa arus, misalnya semua teman anda mendaftar ke jurusan kedokteraan, teknik atau managamen. Yang pertama yang dapat anda lakukan adalah melakukan assessment (pengukuran) diri sendiri. Pertama adalah, ingat-ingat maka pelajaran apa yang membuat anda merasa senang dan mendapatkan minimal nilai yang lebih tinggi dari yang lainnya. Misalnya anda menyukai yang berkaitan dengan perhitungan matematika, rumus-rumus, percobaan yang berkaitan dengan bahan kimia. Jurusan yang anda pilih baiknya related dengan hal tersebut misalnya teknik kimia, teknik fisika. Jika anda suka yang berkaitan dengan bumi, batuan di dalamnya dan juga bahan-bahan mineral, dapat disesuaikan dengan memilih jurusan teknik pertambangan, teknik perminyakan atau teknik geologi. Jangan malah misalnya memilih jurusan management atau ilmu politik. Sesuaikan dengan minat anda secara alamiah. Itu yang akan menuntun anda. Jangan percaya jurusan yang prospek, semua jurusan prospek. Tidak ada yang tidak, misalnya saja. Anda memilih jurusan ilmu biologi, jika anda ingin berbisnis berkaitan dengan ilmu biologi karena yang anda senangi. Misalnya jual beli bakteri, jamur atau mikroba lain yang berguna untuk industry, yakinlah satu gram mikroba yang anda jual atau ternakkan harganya melebihi harga satu gram emas.

Namun jikalau anda sudah lulus kuliah, dan ternyata salah jurusan atau ditengah jalan kurang dapat perform dengan jurusan tersebut dengan alasan satu dan lain hal. Hal tersebut belumlah berakhir. Saatnya anda memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian. Mudahnya adalah, walaupun jurusan anda seorang teknik lingkungan, namun anda menyenangi dunia yang berkaitan dengan orang banyak dan berbicara dengan orang. Maka pilihlah menjadi trainer yang berkaitan dengan lingkungan, jangan memilih atau mencoba melamar menjadi penjaga laboratorium lingkungan.

Disini yang dimaksud adalah, sesuaikan dengan kesenangan anda, temukan aktivitas spesifik yang membuat anda merasa senang, misalnya saja jurusan anda psikologi, namun menyukai yang berkaitan dengan angka dan data, maka pilihlah misalnya menjadi market riset sebuah produk. Jadi tidak perlu dipertentangkan. Namun jika anda kurang menyukai berhadapan dengan orang lain, kurang nyaman bekerja dengan orang banyak. Maka jangan memilih pekerjaan marketing atau trainer. Pilihlah misalnya accounting, data analyses. Tetapi kalau bisa sesuai dengan bidang major anda. Jangan tergiur dengan gaji awal, jika anda tidak sesuai dengan bidang pekerjaan, maka kemungkinan anda untuk tidak perform adalah lebih tinggi.

Saya sudah bekerja, namun tidak sesuai dengan kepribadian saya, ini bagaimana? Ada teman yang menanyakan seperti itu. Jika sudah terlanjut bekerja, jika masih dalam batas teloransi, artinya anda masih bisa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, itu tidak masalah. Jalankan. Pertama yang harus anda lakukan adalah, menyelesaikan tugas-tugas kecil dengan tugas di pekerjaan tersebut. Lakukan dengan rutin, dan temukan hal-hal yang menarik dari pekerjaan itu yang bisa membuat anda merasa nyaman, entah teamnya, keleluasaan anda menyampaikan program atau yang lain. Jika anda merasa sudah diatas ambang teloransi. Maka rencanakan untuk berpindah kerja.

Ada lagi yang menyampaikan, saya sudah bosan dengan pekerjaan ini? Saya ingin menjadi entrepreneur saja. Boleh. Namun pastikan terlebih dahulu dasar anda ingin keluar, apakah karena bosan gajinya kurang sesuai yang diharapkan sehingga anda merasa perlu untuk bekerja diluar pekerjaan utama. Ataukah sudah bosan dengan pekerjaan sekarang, namun ingin menjadi entrepreneur. Jika memang ingin entrepreneur langkah pertama yang anda lakukan adalah pilihlah usaha yang sesuai dengan kepribadian anda. Misalnya menyukai hal berkaitan dengan makanan atau memasak, maka bisa membuka restoran. Namun bilang anda lebih suka bekerja dari rumah, bisa dengan membuka warung atau menjadi produsen barang/jasa dari rumah.

Sehingga, cara memilih pekerjaan, baik bekerja pada perusahaan, atau menjadi entrepreneur anda dapat menikmati setiap aktivitas itu, terlepas pendapatan yang akan anda terima. Namun kepuasan anda bekerja, barangkali tidak dapat ditukar dengan rupiah.


Tags: , , ,

Leave a Reply