Catat, Inilah Buah yang Membuat Kulit Lebih Sehat

February 13, 2017 | By admin | Filed in: Waktu Senggang.

Buah Stroberi dan jerukMemiliki kulit yang berseri merupakan dambaan setiap wanita, baik muda, dewasa maupun sudah tua. Baik yang memiliki kulit putih, sawo matang, ataupun gelap. Jika warna kulit tidaklah bisa dirubah, misalnya dari sawo matang ke putih karena pada dasarnya warna di dasarkan pada pigmen yang merupakan turunan gen dari orang tua. Namun untuk membuat kulit lebih sehat atau kinclong hal tersebut sangatlah mungkin.

Lihat iklan di TV, hampir setiap hari ada saya produk untuk perawatan kulit baik yang harganya mahal sampai yang murah. Perawatan kulit merupakan sebuah industry yang besar, termasuk di Indonesia. Namun karena tidak cukupnya informasi mengakibatkan bahwa wanita yang salah memilih produk perawatan kulit. Entah itu mengandung bahan yang berbahaya, seperti Mercury , Logam berat lainnya, ataupun karena resistensi kulit terhadap zat kimia tertentu yang ada di dalam bahan produk pabrikan.

Di era sekarang, mulai banyak yang mencoba konsep untuk back to nature, baik itu untuk menjaga kesehatan secara umum dan kesehatan kulit pada khusus. Back to nature ini salah satunya adalah bisa mengkonsumsi buah-buahan untuk perawatan kulit. Konsep ini mulai naik di kalangan muda urban, yang barangkali sudah mulai bosan atau mulai sadar akan efek samping yang dapat di timbulkan oleh produk pabrikan.

Konsep back to nature memang tidaklah bisa menghilangkan keseluruhan kebutuhan dan ketergantungan akan produk pabrikan. Namun ada baiknya mengurangi ketergantungan tersebut dengan mencari alternatif lain yang barangkali tidak terpikirkan dan ada banyak di sekitar lingkungan.

Memang hasilnya tidaklah secepat ketika anda menggunakan produk pabrikan, namun untuk jangka panjang, hasilnya tentu dapat dibedakan, perawatan kulit dengan bahan alami akan menjadikan kulit lebih berseri dibandingkan dengan pabrikan. Dan juga tingkat resistensi kulit terhadap buah-buahan tentunya sangat kecil, jadi lebih aman. Terus, buah-buahan apa saja sih yang dapat membantu untuk perawatan kulit ini? Berikut lengkapnya

  1. Stroberi dan Jeruk. Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan kandungannya melebihi jeruk. Vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit. Selain Stroberi, jeruk merupakan buah yang mudah kita temui, murah, namun memliki kandungan yang hebat, dengan memiliki kandungan Vitamin C. Selain melawan radikal bebas, jeruk juga bisa dapat membuat kulit anda terlebih bersih dan bersinar. Banyak varian jeruk, dari jeruk lemon, jeruk mandarin maupun jeruk, manis, nipis, atau limau, sama-sama miliki kandungan Vitamin C yang baik untuk anda.Pisang dan Apel
  1. Pisang dan Apel. Dua buah ini tentunya mudah untuk di dapatkan dimana-mana. Baik pasar tradisional maupun pasar modern. Pisang memiliki kandungan lemak alami dan protein yang kompleks yang dapat menghaluskan dan melembutkan kulit. Sedangkan apel, baik itu apel lokal, misalnya apel malang, atau apel import memiliki kandungan yang tidaklah ringan. Apel memiliki kandungan Pektin yang menjadi salah satu yang dapat mengurangi jerawat anda. Selain itu juga apel memiliki kandungan tonik yang dapat mengencangkan sel-sel kulit, sehingga membuatnya tanpa lebih berseri.Pepaya dan Persik
  1. Pepaya dan Persik . Sebagaimana diketahui jika papaya memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi. Fungsi Vitamin A sebagai salah satu bahan untuk regenerasi kulit. Selain itu juga papaya memiliki kandungan tonik yang alami. Sedangkan buah persik memiliki kandungan yang kaya untuk pelembab. Sehingga dapat membuat lebih lembab dan tidak cepat kering, sehingga cocok di konsumsi di Negara tropis. Produk pabrikan banyak yang menawarkan pelembab, padahal di dalam satu buah ini, masalah tersebut dapat diatasi.Kiwi dan Persik
  1. Kiwi dan Delima. Buah kiwi, memang buah import, namun tidak salahnya dapat dikonsumsi dikarenakan kandungan didalamnya yang kaya akan pektin dan serat, sehingga dapat membantu membuat lebih bersih dan sehat. Selain itu, pektin dapat membantu untuk mencegah keriput sebelum waktunya dan juga dapat mencegah titik-titik noda yang membuat tidak nyaman. Sedangkan delima adalah salah satu warisan nusantara yang buahnya belum seterkenal bulan lainnya, namun memiliki kandungan yang tidaklah dianggap sepele, buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melawan radikal bebas. Selain itu mengkonsumi delima dapat mencegah jerawat dan juga mencegah keriput sebelum waktunya.

Kemudian bagaimana sih untuk mengkonsumsi buah yang benar sehingga manfaatnya secara maksimal didapatkan? Ini merupakan pertanyaan yang penting, karena mengkonsumsi buah secara asal-asalan tentunya akan berpengaruh terhadap manfaat yang akan di dapatkan.

  1. Mencuci buah yang benar, ketika akan mengkonsumsi buah, pastikan bahwa buah yang akan di makan tersebut bersih. Mencucinya adalah dengan air hangat. Usahakan dicuci dengan air mengalir sehingga tidak ada residu yang memungkinkan menempel lagi di buah.
  1. Makan buah yang benar. Untuk buah yang tadi disebutkan di atas, dapat dimakan satu persatu terpisah dari lainnya. Namun juga dapat di gabungkan misalnya kiwi dengan apel. Untuk proses penyajian tergantung selera apakah itu di makan langsung atau di buat jus. Ketika dibuat jus, usahakan tidak di tambahkan gula, karena gula justru bisa memberikan efek lain yang tidak diinginkan, misalnya kegemukan. Gula di dalam buah sudah cukup dan tidak perlu di tambahkan gula tambahan lainnya.
  1. Waktu makan yang benar. Untuk makan buah ada yang menanyakan, apakah sebelum atau sesudah makan. Lebih baiknya untuk penyerapan maksimal, tidak digabungkan dengan makan besar lainnya. Jadi bisa dilakukan minimal 30 Menit sebelum makan atau sesudah makan.

Tumbuhkan gerakan untuk back to nature, kembali kepada pemanfaatan bahan-bahan alami di sekitar kita, ingat kita bukan di planet mars yang misalnya harus ada ekstrak bahan-bahan menjadi pil, tablet atau krim untuk perawatan, jika ternyata ada banyak bahan alami yang tidak perlu diolah oleh pabrikan menjadi tablet. Kemudian, coba anda pikir misalnya krim pengecang kulit pabrikan yang katanya mengandung buah apel. Kira-kira kandungan lebih banyak mana antara produk pabrikan dengan 3 buah apel yang dikonsumsi. Tentunya lebih banyak buah apel alami, belum lagi harganya. Sebarkan artikel ini, semoga bermafaat.


Leave a Reply