Konsultasi Psikologi Online

August 23, 2014 | By admin | Filed in: Renungan.
konsultasi psikologi online

konsultasi psikologi online

Sebagai orang yang pernah mempelajari ilmu psikologi, lulusan S1 Psikologi. Dalam konteks ini adalah berkaitan dengan dunia konsultasi. Banyak yang konsultasi psikologi karena kapasitas saya orang yang pernah belajar ilmu psikologi. Berbagai macam topik yang ditanyakan. Banyak yang bertanya berkaitan dengan pekerjaan, bagaimana menghadapi tes diperusahaan, bagaimana menghadapi wawancara kerja, ataupun yang berkaitan dengan karir dan perundang-undangan kerja. Ada juga yang berkaitan dengan topik remaja atau permasalah hubungan baik dengan pacar, istri maupun suami. Ada juga yang perbaikan dengan kesehatan mental seperti gangguan kepribadian dan gangguan mental lain. Ada juga yang berkaitan dengan motivasi diri, sedang depresi menghadapi masalah. Atau ada juga yang berkaitan dengan pendidikan dan pemilihan jurusan di universitas.

Ketika menanyakan sesuatu kadang mereka ada yang lewat langsung, ada juga yang lewat chatting atau sms. Ada juga yang lewat email. Pernah juga mengikuti sebuah forum, ikut nimbung menjawab pertanyaan-pertanyaan. Dari pengalaman menerima pertanyaan, sharing, keluhan dari teman-teman berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi. Ingin sekali membuat sebuah wadah sharing untuk teman-teman yang sedang galau atau risau untuk bisa menuangkan dalam tulisan, dan kemudian saya akan menjawab, dan jika saya tidak berkompeten untuk menjawab itu maka akan saya tanyakan kembali kepada rekan-rekan saya yang lebih ahli. Kemudian dari jawaban-jawaban itu bisa dijadikan sebuah tulisan yang bisa dibaca oleh orang sehingga, ketika ada yang mengalami masalah yang sama maka akan lebih mudah untuk mendapatkan saran atau masukan.

Apa sih manfaat jika kita konsultasi psikologi ini? Apakah benar dapat menyelesaikan masalah atau membantunya. Yang perlu diketahui bahwa seorang psikolog itu tidak bisa menyelesaikan masalah anda, namun bisa membantu anda untuk memahami masalah itu dan memberikan alternative pemecahan masalah berdasarkan keilmuan yang dimiliki. Banyak kasus orang yang merasa risi jika mendengar harus konsultasi, merasa mampu untuk menghadapi masalahnya sendiri. Padahal kenyataannya ada banyak orang yang tidak mampu menyelesaikan masalah itu dan memendamnya lama sehingga dapat mengganggu kehidupan pribadi maupun sosial anda. Dan makin lama masalah itu makin membuat anda terganggu. Konsultasi psikologi tidak melulu berkaitan dengan gangguan jiwa atau pun gangguan mental berat yang biasa didengar. Berusaha untuk jujur menceritakan masalah dan memiliki usaha untuk mencari solusi dari masalah itu, itu sudah menyumbang keberhasilan anda dalam menyelesaikan masalah. Berusaha dengan jujur menceritakan dengan saudara, orang tua atau orang terdekat anda, akan cukup membantu anda.

Dan ketika anda konsultasi psikologi online, jadikan itu sebagai second opinion setelah anda berusaha meminta bantuan kepada orang disekitar anda, ingat anda adalah makhluk sosial yang tentunya butuh orang lain jika anda tidak mampu menyelesaikan masalah. Manfaat lainnya adalah anda lebih merasa nyaman karena anonim, dan tidak merasa khawatir identitas diri anda terbongkat, kemudian anda dapat mendapatkan jawaban gratis alias tidak bayar. Namun juga perlu diingat jangan ditelan mentah-mentah solusi yang ditawarkan, karena belum pasti juga sesuai dengan pribadi anda.

Kerahasian penanya dijamin, boleh menggunakan nama samaran, namun gunakan email yang sering digunakan karena jawaban akan dikirim lewat email juga.  Untuk lebih cepat mengetahui jawaban yang diberikan silahkan berlangganan blog ini caranya adalah lihat disebalah kanan tengah, ada tulisan update artikel via email. Dan di karenakan banyaknya pertanyaan yang masuk di blog ini, mohon untuk memberikan pertanyaan yang sedetail mungkin untuk mendapatkan respon yang lebih cepat. dan sebelum mengisi form ada baiknya melihat arsip konsultasi, karena pertanyaan yang sama dan mirip tidak akan di jawab, silahkan cek terlebih dahulu di sini http://www.tekun.info/category/arsip-konsultasi-psikologi/. Jika memang tidak ada silahkan isi form berikut untuk konsultasi:


4 comments on “Konsultasi Psikologi Online

  1. Alia Nanda Rumekti says:

    Nama saya Liana , saya siswi kelas XI SMK jurusan Teknik Bisnis dan Properti (arsitektur) . Setelah lulus nanti saya ingin kuliah di Akademi bidan. Saya juga sudah yakin , juga orangtua memang menginginkan saya masuk dunia bidan . TApi saya bingung, masih lirak lirik jurusan sana sini, mohon bantuannya kak , saya baiknya bagaimana.
    trmksh

  2. Nurul Ayu says:

    Saya seorang pelajar kelas 3 SMA jurusan ips. Saya ingin memilih psikologi untuk pilihan jurusan saya kelak. Alasannya, karna entah kenapa saya sangat suka memperhatikan/menganalisa seseorang. Termasuk orang yg seperti apa dia, bagaimana cara menghadapinya, dan ketika seseorang berbicara saya sangat senang memperhatikan gerak geriknya demi mencoba menerjemahkan bahasa tubuh orang tsb. Saya begitu yakin ingin bergelut dlm dunia psikologi, tapi beberapa waktu belakangan ini saya mulai ragu. Karna banyak yg bilang bahwa psikologi tidak menjamin di dunia kerja nanti. Mereka bilang, pilih saja jurusan yg banyak dibutuhkan dalam dunia kerja, seperti SI, TI dll. Dan saya pun mulai kebingungan akan hal ini. Saya juga menyukai dunia design, khususnya design interrior. Tolong dibantu, terimakasih

    • tekun says:

      Kalau semua orang kuliah di jurusan SI,TI, Design Interior. Terus siapa donk yang ngurusin trainingnya, ngurusin wage n benefit nya, yang bikin rule kenaikan pangkatnya :-). itulah masing2 jurusan punya peranan sendiri di dunia kerja mbak nurul

Leave a Reply