Menghadapi Tes Wawancara Kerja Perusahaan

January 2, 2017 | By admin | Filed in: Karir.
wawancara kerja

wawancara kerja

Ketika melamar pekerjaan setelah anda di tes psikotest yang berisikan tes inteligensi dan kepribadian, dan apabila lolos maka akan dilakukan tes wawancara kerja, tes ini bisa dilakukan oleh bagian HR terlebih dahulu dan bisa dilakukan langsung oleh user. Banyak tips yang ditawarkan ketika anda menghadapi tes wawancara kerja ini, salah satunya artikel yang pernah saya buat yakni Perbedaan behavior event interview dan interview biasa. Melanjutkan artikel tersebut, saya ingin sharing bahwa ketika anda di interview oleh HR isi dari tes wawancara ini.

HR akan menggali berkaitan dengan latar belakang anda, administrasi, validasi data baik berdasarkan CV maupun hasil psikotest. Selanjutnya yang digali oleh pewancara dari HR berkisar tentang kompetensi managerial, yakni kompetensi non teknis yang dimiliki oleh anda, berdasarkan dengan kebutuhan yang di inginkan pada posisi tersebut. Pewancara akan menggali seberapa mampu anda untuk posisi itu, jika anda sudah memiliki pengalaman kerja, maka akan dikaitkan dengan pekerjaan yang sudah pernah anda lakukan, baikan yang sifatnya rutin ataupun project. Jika posisi itu memiliki karakter kunci, maka anda akan digali dengan pertanyaan yang mengikuti anda diproyeksikan pada posisi itu. Istilahnya case study, bagaimana respon jika anda mengalami masalah itu dikemudian hari, dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Selain yang berkaitan dengan managerial, HR juga akan sedikit banyak menanyakan yang bersifat teknis umum, kenapa saya katakan teknis umum, karena pada dasarnya HR tidak memiliki kompetensi teknikal untuk posisi yang ditawarkan. Karena pertanyaannya adalah teknis umum yang berkaitan dengan pekerjaan. Maka jawablah pertanyaan HR dengan umum dan lebih mudah dicerna oleh yang bukan pada bidang itu. Jarang sekali kalau HR ini menanyakan yang sangat spesifik tentang teknis.

Kalau tes wawancara yang dilakukan oleh user, lebih kepada teknis pekerjaan yang spesifik, maka kuasailah materi yang berkaitan dengan teknis pekerjaan yang detail. Jelaskan dengan detail dengan teknis pekerjaan yang biasa anda kerjakan. Disamping ingin mengetahui kompetensi pada pekerjaan yang ditawarkan, user biasanya juga menginginkan kompetensi lain yang related dengan pekerjaan itu namun tidak dimiliki team yang ada diperusahaan.

Dan ini adalah kuncinya, jika anda bisa menjual kompetensi teknis yang related dengan pekerjaan tersebut namun perusahaan tidak memilikinya, maka kemungkinan anda untuk dihired akan lebih besar. Inilah yang disebut dengan anda dihire berdasarkan kompetensi. Nilai tambah inilah yang akan membuat perusahaan untuk berfikir ulang dan bisa menaikkan tawaran gaji yang lebih besar atau minimal adalah pada batas teratas pada posisi tersebut.

Namun yang menjadi masalah apabila anda secara managerial dan teknis masih dibawah rata-rata atau ekspetasi dari perusahaan tersebut maka, apa yang harus dilakukan? Yang harus dilakukan jika anda pada posisi tersebut ketika dalam interview untuk menyakinkan HR maupun User adalah dengan menggunakan factor non teknis lain, yakni biasanya disebutkan dalam tips tes wawancara pekerjaan, bahwa ini berusaha untuk menampilkan diri yang terbaik, baik dari segi pakaian, cara menyapa, cara menjawab. First impression, terkadang bisa menolong anda, oleh karena itu belajarlah berkaitan dengan kepribadian, menampilkan diri di depan orang lain dan yang berkaitan dengan itu.

Selain itu, berusahalah dengan dengan jika memang mentok anda tidak menguasai hal tersebut, ketika anda memaksakan pada posisi yang seharusnya anda tidak berada disitu, akan menjadi boomerang untuk anda. Gagal tes wawancara perusahaan itu biasa, dan banyak orang yang gagal di satu perusahaan bisa lolos di perusahaan lain. Tetap semangat.


2 comments on “Menghadapi Tes Wawancara Kerja Perusahaan

  1. nri says:

    Permisi. Saya ingin menanyakan, bagaimana jika dari pihak HRD menanyakan berapa gaji yang diinginkan, sedangakan saya posisi masih lulusan baru dan dari google tidak dicantumkan rata2 gaji pada posisi tsb ? Terimakasih.
    Jika berkenan mohon balas via email.

Leave a Reply