Merawat Bayi Usia 0-3 Tahun

March 23, 2015 | By admin | Filed in: Waktu Senggang.

Merawat Bayi Usia 0-3 Tahun

Tulisan ini saya tujukan kepada calon orang tua yang ingin memiliki anak, orang tua yang sedang menanti kelahiran anaknya, atau orang tua yang sedang merawat bayi. Adalah sebuah moment yang sangat dinantikan jika sedang menunggu kelahiran bayi dalam perut. Disamping senang tentu ada perasaan cemas untuk menyiapkan kelahiran baik yang sifatnya fisik ataupun mental. Persiapan banyak macamnya, namun disini akan dibahas berkaitan dengan persiapan pengetahun baik calon ayah atau calon ibu yang akan memiliki bayi. Bisa juga digunakan oleh ayah dan ibu yang sudah memiliki anak yang lahir.

Persiapan pengetahuan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pengetahuan ini dapat meliputi pengetahuan akan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan bayi baik dari segi fisik, motorik, kognitif, maupun sosial. Yang pertama tentunya berkaitan dengan fisik. Jika berkaitan dengan fisik salah satunya berkaitan dengan motorik kasar dan halus, pada tahap apa saja anak itu sudah bisa tengkurup, duduk, merangkak, berdiri, berjalan atau berlari. Sedangkan berkaitan dengan motorik halus berkaitan dengan misalnya memegang atau, mengambil dan sebagainya. Berkaitan dengan fisik lagi adalah perkembangan yang berkaitan dengan pertumbuhan fisik anak, berat badan dan tinggi badan anak, semua harus diketahui. Berapa berat ideal usia anak yang memasuki misalnya 1 tahun dan misalnya 2 tahun atau 3 tahun. atau berapa tinggi badan bayi, terus bagaimana perkembangannya setiap bulan, berapa pertambahannya kemudian berapa juga pertambahan berat badan anak dari bulan satu ke bulan lainnya. Kondisi fisik ini mempengaruhi perkembangan bayi lainnya, sehingga sangat perlu untuk di ketahui.

Jika berkaitan dengan perkembangan kognitifnya, salah satunya berdasarkan teori piaget, dari reflex, reaksi sirkulasi primer, sekunder dan lainnya. Perkembangan kognitif yang terjadi pada bayi, dari yang sifatnya refleks, ketika akan menyusu kepada ibunya, atau ketika menerima stimulus dari luar yang sudah bisa bersifat reaksi, misalnya ada stimulus suara atau cahaya yang ada di sekitar bayi.  Selain kognitif juga ada perkembangan emosi bayi, emosi apa saja yang ada pada bayi, kemudian perkembangan emosi apa saja dan terjadi pada usia berapa. Dari yang gembira, sedih, tidak nyaman dan lainnya.  Ini hanya sebagian kecil yang perlu di ketahui. Selain perkembangan fisik, emosi dan kognitif bayi atau anak, perkembangan lainnya juga harus di pantau misalnya perkembangan psikologis bayi.

Selain pengetahuan ini, juga perlu tahu untuk cara merawat bayi dari lahir. Apa saja yang perlu diketahui oleh orang tua berkaitan dengan ini , gambarannya adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana menyiapkan kedatangan bayi yang kan lahir, apa saja yang perlu disiapkan, ketika dalam menyambut anak, dari perlengkapan bayi, sampai pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh orang tua.
  2. Apa saja yang terjadi setelah bayi lahir, bagaiamana kondisi bayi setelah lahir, apa saja yang akan terjadi misalnya seminggu pertama, kapan bayi akan membuka mata dan lainnya.
  3. Bagaimana teknik menyusui dan segala permasalahannya.
  4. Bagaimana merawatnya, baik memandikan, memijat dan lainnya, memandikan bayi memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang khusus, sehingga di siapkan. Sedangkan untuk memijat juga harus di pelajari dari bagian mana yang boleh di pijat dan bagian mana yang tidak boleh di pijat.
  5. Bagaimana perkembangan bayi dari 0-3 bulan pertama, 6 bulan pertama, 1 tahun pertama dan sampai 3 tahun.
  6. Bagaimana berkaitan dengan kesehatan dan kebersihannya, kesehatan bayi baru lahir, apa saja yang harus diperhatikan hari per hari nya berkaitan dengan kesehatan dan kebersihannya.
  7. Kapan dan bilamana bayi sudah membutuhkan makanan tambahan, mulai usia berapa kah anak boleh diberikan makanan tambahan, apakah boleh disandingkan dengan pemberian ASI,
  8. Terus gangguan atau penyakit apa saja yang mungkin terjadi sama bayi, penyakit bisa aja ada pada bayi, orang tua harus dapat mengetahui gangguan dan penyakit pada bagi, kemudian bagaimana cara menanggulanginya.
  9. Bagaimana peran ayah ibu maupun keluarga terhadap bayi. Bagaimana orang tua, baik ayah dan ibu dalam merawat bayi, apa saja yang boleh dan apa saja yang tidak boleh dilakukan.

Ingat ini hanya sebagian kecil yang perlu anda ketahui, jika anda mengumpulkan informasi ini dari internet atau membaca buku satu persatu ataupun ebook maka akan banyak waktu yang harus anda luangkan, apalagi ditengah kesibukan anda bekerja atau kondisi lain. Jika membaca satu buku tentang bayi, tentunya tidaklah cukup. Diperlukan banyak buku untuk merangkum pengetahuan yang dibutuhkan. Dikarena buku bayi banyak, namun terpisah-pisah, ada baiknya mencoba strategi yang baru untuk mengatasi hal tersebut.


Leave a Reply