40 Tips Tersembunyi Motivasi Diri Sendiri dalam Meraih Impian

January 16, 2017 | By admin | Filed in: Motivasi.

Motivasi DiriMotivasi Diri menjadi topik yang sedang banyak dicari baik itu di mesin pencari google ataupun di facebook. Nampaknya topik ini sedang in di kalangan anak muda, yang istilahnya sedang galau dan sedang berusaha untuk move on dari turunnya motivasi diri ini.

Pada dasarnya motivasi diri atau bagaimana mengarahkan diri untuk melakukan perilaku yang sedang anda inginkan atau sedang anda kembangkan. Misalnya jika anda menginginkan nilai 10 dalam pelajaran matematika, maka dibarengi dengan usaha untuk mencapai nilai 10 tersebut. Seberapa serius atau tekun anda dalam usaha untuk mencapai nilai 10 itu dapat dikatakan sebagai motivasi diri. Jika anda tidak berusaha dengan serius, padahal sedang menginginkan nilai 10 tersebut, maka bisa di katakana bahwa motivasi anda rendah. Jadi ada dua parameter disini, goal atau tujuan yang hendak di capai dan usaha yang dilakukan.

Dalam perjalanan mencapai tujuan tersebut terkadang usaha yang dilakukan tidak persisten, naik dan turun. Sehingga anda berusaha untuk mendapat jawaban, bagaimana agar usaha yang dilakukan persisten dan jika perlu adalah naik terus sampai tujuan tersebut tercapai.

Apa yang sebenarnya mempengaruhi motivasi diri dalam mencapai tujuan yang di targetkan tersebut. Inilah yang di sebut motif, apa motif anda ingin mencapai tujuan tersebut. Biasanya jika tujuan tersebut makin bermakna menurut orang tersebut maka usaha yang dilakukan semakin besar dan konsiten. Oleh karena itu bagaimana tips untuk menaikkan motivasi diri ini agar tujuan yang di target dapat cepat terwujud? berikut kami ulas khusus untuk anda.

  1. Perjelas dan pertegas tujuan anda. Jika anda memiliki tujuan yang hendak di capai maka perjelas dan pertegas, gali dalam diri anda apakah tujuan tersebut penting untuk anda, apa yang terjadi jika tidak berhasil. Berbicaralah kepada diri sendiri.
  2. Susun rencana dengan detail. Jika anda sudah memilih tujuan yang jelas maka susunlah rencana untuk mencapainya dengan detail. Misalnya bagi tujuan anda menjadi 4 pencapaian, pencapaian pertama misalnya tidak terlambat kerja secara turut menurut selama 1 bulan, kemudian 2 bulan, 3 bulan dan seterusnya.
  3. Tulislah tujuan atau goal anda. banyak orang yang malu untuk menuliskan mimpi-mimpi yang sedang dibangun, entah karena tidak biasa, dianggap tidak realistic, takut dibaca orang atau anda tidak menganggapnya penting. Namun cobalah tuliskan dengan rinci dan detail tentang mimpi-mimpi anda misalnya di buku catatan, papan tulis dalam kamar, di laptop ataupun di tempat yang menurut anda mudah untuk di baca.
  4. Susun usaha yang detail untuk mencapai tujuan. Jika anda sudah memiliki rencana yang detail, maka susun pula usaha apa yang akan anda lakukan untuk mencapainya. Makin detail maka akan makin mudah untuk dilakukan.
  5. Tuliskan pula biaya apabila membutuhkan biaya. Misalnya mimpi yang hendak di gapai memperlukan biaya, maka detailkan biaya tersebut, termasuk bagaimana cara anda mendapatkan dana tersebut.
  6. Buatlah perjalanan anda secara tertulis. Ini termasuk hal yang penting, usahakan buatlah perjalanan anda dalam menggapai tujuan tersebut secara tertulis. Bisa ditulis dalam laptop anda, atau di blog yang anda miliki atau di forum yang sesuai dengan minat anda.
  7. Rancang alternatif. Nampaknya ini perlu pemikiran yang mendalam, maksudnya adalah jika ada sudah menyusun rencana yang detail dan matang, namun aktualnya tidak sesuai dengan planning, maka siapkan selalu rencana A, B atau C. Ini dapat mempertahankan anda tetap pada jalur walau ditempuh dengan cara yang berbeda. Makin banyak alternatif, maka makin banyak peluang yang bisa anda lakukan.
  8. Evaluasi setiap langkah. Jika sudah melakukan setiap langkah yang anda susun, maka luangkanlah waktu untuk melakukan evaluasi setiap langkah, mana usaha yang menurut anda efektif dan efisien atau mana yang tidak. Eliminasi usaha-usaha yang tidak berguna dan jalankan rencana alternatifnya.
  9. Hadirilah event atau training yang seusai dengan minat anda. Terkadang orang meremehkan menghadiri event atau training yang berisikan tentang pengembangan diri. Namun tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu untuk menghadirinya. Pelajari apa yang disampaikan dan sesuaikan dengan diri anda saat ini, apakah ada kemungkinan yang bisa digunakan untuk mengembangkan diri anda.
  10. Berceritalah. Ini sepertinya mudah, namun menceritakan mimpi yang belum tentu berhasil, jika tidak hati-hati justru akan ditertawakan oleh orang terdekat anda. Solusinya adalah berceritalah kepada orang yang menurut anda dapat dipercaya dan dapat mensupport kamu
  11. berdiskusi membuat terbuka wawasan anda, yang perlu dilakukan adalah temukan teman atau orang terdekat yang dapat anda jadikan partner untuk berdiskusi.
  12. Cari teman yang se-mimpi atau se-tujuan. Jika tujuan anda tidaklah terlalu pribadi dan ada teman atau orang terdekat yang miliki mimpi atau tujuan yang sama, maka carilah tema tersebut, disamping sebagai partner diskusi dan bercerita, anda dapat meniru atau mengembangkan ide-ide dan usaha yang sudah, akan atau tidak dilakukannya dalam mencapainya.
  13. Buatlah liga. Liga dimaksudkan adalah semacam persaingan dalam hal achievement. Misalnya memiliki tujuan lolos di Universitas tertentu, maka bergabunglah sesama orang yang memiliki tujuan yang sama.
  14. Ciptakan persaingan. Terkadang persaingan membuat anda semakin jelas dalam menggapai mimpi yang anda miliki. Persaingan ini bisa dibuat semacam liga atau jika tidak adalah sebuah kesepakatan antar anggota.
  15. Berikan kepada diri reward dan punishment. Berikan diri sendiri reward (hadiah) jika anda sudah mencapai titik-titik tertentu yang anda planningkan. Reward tidak harus berupa hal yang besar, namun bisa hal kecil yang cukup menyenangkan. Misalnya jika sudah dapat menyelesaikan skipsi bab 1, maka anda mentraktir diri sendiri dengan minum kopi di starbuck. Dan jika tidak melakukan hal tertentu yang anda planningkan, anda dapat juga membuat punishment (hukuman) bagi diri sendiri. Hukuman tidah harus bernilai negative tapi juga hukuman positif. Misal jika hari senin telat bangun, maka anda akan memberikan uang jajan hari itu kepada yang sedang membutuhkan.
  16. Milikilah Idola. Kenapa ini juga penting karena biasanya idola adalah orang yang memiliki karakter tertentu yang menonjol, sesuaikan idola anda dengan tujuan yang hendak di capai. Jika ingin menjadi ilmuwan yang hebat, misalnya anda dapat mengidolakan Habibie, jika ingin menjadi seorang penulis novel yang hebat bisa mengidolakan andrea hirata, atau jika ingin menjadi seorang seniman lukis yang hebat, bisa mengidolakan Abdurrahman Saleh.
  17. Galilah karakter unggul Idola.  Jika sudah menemukan idola yang sesuai dengan anda, maka anda dapat menggalinya lebih dalam lagi, misalnya tentang kegiatannya, pemikirannya, atau usaha yang dilakukan dalam mencapainya mimpinya, jatuh bangunnya dan semuanya yang dapat anda gali.
  18. Amati orang yang sudah berhasil terlebih dahulu. Jika mimpi sudah pernah dilakukan oleh orang lain dan orang lain tersebut berhasil. Maka amati dengan detail apa yang dilakukan, apa-apa yang tidak dilakukan dan bagaimana usahanya dalam mencapainya. Tirulah pemikiran dan tingkah laku yang dilakukan oleh orang yang sudah berhasil tersebut dan masukkan dalam rencana yang anda akan lakukan.
  19. Modifikasi usaha yang dilakukan oleh orang yang sudah berhasil. Anda tidak harus meniru semua yang dilakukan oleh orang yang sudah berhasil tersebut, namun modifikasilah sesuai dengan karakter anda, sesuaikan dengan kondisi yang anda miliki saat ini. Jika perlu tambahkan usaha-usaha yang dilakukan oleh orang tersebut.
  20. Cari informasi yang detail. Jika anda menginginkan sesuatu yang besar, maka carilah informasi tersebut dengan detail dan lengkap. Jika perlu andalah yang memiliki informasi yang paling lengkap dibandingkan yang lain. Misalnya seperti bukunya Thomas Raffles yang berjudul Historical of Java. Dia termasuk orang yang percaya diri bahwa dia adalah satu-satunya orang yang lebih paham dari siapapun tentang sejarah orang Jawa. Jika anda kolektor musik klasih Indonesia, maka cari informasi yang detail tentang perkembangan musik klasik di Indonesia dan belilah produk-produknya, misalnya yang masih dalam bentuk gramophone, kaset, ataupun cakram.
  21. Tonton film yang sesuai minat anda. Sesekali menonton filmnya di bioskop untuk film-film yang bagus dan sesuai dengan minat anda. Film-film yang menggambarkan perjuangan orang yang sedang memujudkan cita-cita. Layaknya film yang berjudul Kungfu Panda, atau The Happiness Pursuit.
  22. Membaca bukulah. Dikatakan buku adalah jendela dunia, walaupun sekarang sudah zaman internet, namun buku fisik merupakan sumber informasi yang belum tergantikan. Bacalah buku-buku yang sesuai dengan minat anda, bacalah secara konsisten dan bertahap, jika perlu baca sebanyak mungkin dan selengkap-lengkapnya. Jika tidak bisa membeli, maka anda dapat juga berkunjung ke perpustakan sekolah, kuliah maupun perpustakaan umum di daerah anda masing-masing. Pertanyaan sederhana barangkali yang membuat kita shock adalah, kapan kita terakhir membaca buku, kapan terakhir membeli buku, dan kapan terakhir ke perpustakaan.
  23. Rangkum buku yang anda baca. Sesudah membaca buku, maka tugas yang dapat anda lakukan agar tidak lupa adalah merangkumnya. Rangkum dalam tulisan sederhana point-point dari buku yang sudah anda baca. Catat dan ulangi baca hasil rangkuman sendiri. Konversikan rangkuman yang sudah anda baca tadi menjadi sebuah masukan untuk tindakan atau perilaku yang perlu anda lakukan.
  24. Belajarnya dari orang gagal. Orang gagal, sepertinya adalah orang yang tidak berguna, padahal itu adalah harta yang paling besar yang dapat anda dapatkan. Pelajari lebih detail dari mempelajari orang yang telah sukses, apa yang menyebabkan mereka gagal dan apa yang dilakukan setelah mereka gagal. Kegagalan yang mereka alami adalah data yang berharga, sehingga anda tidak perlu untuk mengulangi sikap, perilaku yang dilakukan.
  25. Menemui orang yang gagal lebih mudah dari pada yang sukses. Menemui dan berbicara langsung dengan orang yang sudah sukses dibidangnya barangkali lebih susah dikarenakan jadwal yang dimiliki ataupun karena memang banyak orang yang sedang mencarinya. Oleh karena itu luangkan lah untuk bertemu orang-orang yang telah gagal. Misalnya jika iya adalah orang yang gagal dalam pembuatan start up (perusahaan rintisan), maka anda akan dapat mencarinya dari internet. Atau temui teman-teman atau orang yang anda kenal dan pernah mengalami kegagalan yang serupa.
  26. Ini adalah karakter yang perlu anda miliki, bertanya kepada orang yang pernah gagal, jika memungkinkan kepada orang yang sudah berhasil, atau orang yang berhubungan dengan bidang yang sedang anda minati. Selalu siapkan list-list pertanyaan yang detail sehingga dalam mengobrol dengan orang yang sedang anda gali informasinya tetap sesuai dengan tujuan dan tidak melebar kemana-mana.
  27. Fokuslah pada goal yang anda miliki. Memiliki goal yang bermakna untuk kehidupan anda saat ini atau masa depan adalah hal yang penting. Namun ditengah jalan terkadang banyak godaan yang muncul, olah karena itu dibutuhkan fokus untuk menjalaninya. Selalu prioritaskan goal yang sedang akan anda raih.
  28. Buat Skala Prioritas. Skala prioritas membutuhkan analisa dari anda, apakah perilaku yang hendak dilakukan, apa yang tidak harus dilakukan atau perilaku mana yang dihilangkan. Selalu susun daftar prioritas kegiatan yang perlu anda lakukan untuk mendukung goal anda.
  29. Hilangkan aktivitas negative. Disamping anda bisa membuat skala prioritas untuk segala kegiatan, anda juga dapat memilih tips ini yakni menghilangkan semua aktivitas negative. Aktivitas negative yang dimaksud adalah aktivitas yang dapat mengalihkan atau malah memperlama tujuan anda. Jika anda ingin menabung 1 juta dalam satu bulan, maka selain anda membuat skala prioritas, apa saja yang harus anda beli dan tidak. Anda juga dapat menghilangkan aktivitas yang negative, misalnya hang out setiap minggu sekali, atau kebiasan merokok anda ataupun belanja make up yang mahal.
  30. Hilangkan hambatan diri. Hambatan diri adalah hal yang ada pada diri anda yang sifatnya menghambat. Sumbernya adalah dari dalam diri sendiri. Ini merupakan salah satu problem untuk yang bisa menghambat tercapainya impian. Hambatan diri bisa jadi adalah pengalaman masa lalu yang tidak baik, atau persepsi, prasangka atau salah logika yang anda percayai, walaupun belum tentu kebenarannya, dan parahnya menjadi tolak untuk mengambil keputusan dan tindakan.
  31. Objective lah. Hambatan diri yang ada, seminimal mungkin dikurangi, ganti dengan menilai dengan objective baik itu terhadap fakta baru ataupun data yang ada. Bedakan antara fakta dan pendapat atau pengalaman orang.
  32. Minta pendapatlah. Pendapat orang lain merupakan sumber informasi yang penting, entah itu bentuknya saran, kritik atau nasehat. Anda bisa meminta pendapat kepada orang terdekat, teman, atau orang yang sudah berpengalaman dibidangnya, orang-orang yang pernah sukses ataupun gagal.
  33. Konsisten terhadap aktivitas yang dilakukan. Ini adalah salah satu kuncinya, jika anda yakin bahwa tujuan yang anda hendak capai adalah sesuatu yang dapat di capai dengan tingkah laku-tingkah laku yang sekarang, oleh karena itu keyakinan akan perilaku konsisten sangat diperlukan.
  34. Jangan menunda pekerjaan. Jika anda telah melakukan planning terhadap pekerjaan atau kegiatan maka jangan menunda pekerjaan tersebut. Makin anda menunda, maka makin jauh impian yang anda akan raih.
  35. Memulai dari hal yang kecil. Tidak harus muluk-muluk jika ingin mewujudkan impian yang besar. Memulai dari hal yang kecil dan mudah namun dilakukan dengan fokus dan konsisten.
  36. Jika ketemu problem selesaikan. Problem yang muncul dalam sehari-hari terkadang bisa menghambat aktivitas produktif anda, oleh karena itu agar tidak terganggu maka selesaikan problem yang muncul tersebut dan jangan menghindar.
  37. Selesaikan problem yang mudah terlebih dahulu. Berikan kesempatan pikiran untuk memilah dan memilih mana problem yang membutuhkan waktu lama dan mana yang dengan di atasi. Selesaikanlah problem yang mudah terlebih dahulu. Jangan mengabaikan problem kecil, karena problem kecil dan mudah jika tidak diselesaikan akan jadi lebih kompleks.
  38. Pilih metode penyelesaian problem yang sesuai. Untuk menyelesaikan problem, maka pilihlah metode yang paling tepat menurut anda, dan usahakan seminimal mungkin efek yang ditimbulkannya. Ada dua jenis pendekatan penyelesaian problem. Fokus pada problem atau fokus pada emosinya. penjelasannya adalah jika fokus pada problem, maka penyelesaiannya dengan menghilangkan problem tersebut dan jika fokus pada emosi, problemnya masih tapi anda sudah dapat menerima atau menteroransinya.
  39. Problem yang rumit dan berat uraikan lah. Anggaplah problem adalah sesuatu yang kompleks dan rumit, maka uraikanlah menjadi beberapa problem yang detail dan selesaikan yang mungkin bisa anda selesaikan.
  40. Tanggung jawab keputusan yang diambil. Jika dalam menyelesaikan problem dan harus memilih hal yang berisiko, maka tanggung jawablah terhadap pilihan itu. Walau tidak semua keputusan yang diambil adalah yang paling benar. Setiap pilihan tentunya beserta resikonya, oleh karena itu tanggung jawablah terhadap apa yang sudah anda putuskan.

Dari 40 tips ini, harapannya bisa mencerahkan dan menginspirasi untuk anda yang sedang ingin memotivasi diri sendiri. Dan apabila ada pertanyaan ataupun yang perlu didiskusikan anda dapat berkomentar di bawah ini. Dan jika di rasa bermanfaat, anda dapat meng-share artikel ini ke media sosial anda. Terima kasih.


Leave a Reply