Tipe Kepribadian Manusia Menurut Tes DISC

December 20, 2016 | By admin | Filed in: Karir.

Tipe Kepribadian Manusia

Tipe Kepribadian Manusia, memang tidak ada habisnya untuk dibahas, sebelumnya berkaitan dengan kepribadian ini telah saya singgung berkaitan dengan kepribadian ini, dari Bagaimana Cara Membentuk Kepribadian Seseorang dan Apa Saja Bentuk Soal Tes Kepribadian Psikologi itu? . Memang kepribadian itu luas sekali. Kalau di Indonesia banyak yang mengulas berkaitan dengan 4 tipe kepribadian manusia yakni sanguinis, plekmatis, koleris dan melankolis. Namun yang saya bahas disini bukan yang berdasarkan 4 hal tersebut. Disini saya akan membahas tipe kepribadian manusia menurut tes DISC yang lebih sering dipakai oleh perusahaan sebagai salah satu tes kepribadian.

Tes DISC adalah yang dikembangkan oleh seorang yang bernama William Moulton Marston dan untuk lebih dapat memahami berkaitan dengan tes DISC ini adalah ada baiknya anda membaca buku yang dikarang olehnya yakni The Emotions of Normal People. Setelah lama dan berkembang, tes ini termasuk paling banyak yang diadopsi dengan banyak bahasa untuk melakukan tes kepribadian dalam konteks tes calon karyawan.

Memang banyak alat tes kepribadian, namun tes kepribadian umumnya memiliki pertanyaan yang banyak sedangkan untuk DISC hanya terdapat 24 pertanyaan. Sedangkan hasil dari tes ini juga termasuk lengkap untuk menjelaskan kepribadian orang.

Kenapa orang yang akan masuk perusahaan perlu mengetahui alat tes psikologi khususnya kepribadian, karena pekerjaan membutuhkan tipe kepribadian tertentu. Ini juga yang mendasari beberapa artikel yang menyatakan bahwa perlunya untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian.

Apakah bisa tes sendiri? Bisa saja sih, namun hasilnya jangan banyak anda harapkan jika dibandingkan dengan tes lengkap yang dilakukan oleh psikolog atau di lembaga tes psikologi. Di internet ada banyak tes DISC online yang gratis, walaupun saya belum menemukan yang memberikan gambaran yang lengkap, namun apabila anda ingin mencoba dapat mencobanya di http://www.123test.com/disc-personality-test/  atau test lainnya http://bit.ly/TesGratis yang cukup lengkap juga hasilnya. Bagaimana tes ini membagi tipe kepribadian manusia? Tes ini membagi kepribadian manusia menjadi 4 jenis pokok perilaku dan kepribadian yakni

1. Dominance: Individu ini menginginkan untuk tantangan, menyukai keputusan yang cepat, Tidak takut untuk berkonflik, percaya diri dan memiliki visi yang besar untuk mengubah lingkungannya. Individu ini akan menjadi tipe yang menuntuk baik terhadap diri sendiri mau orang lain jika keadaan terdesak dan akan menjadi dominan dan kurang komunikatif dan kurang memiliki pendekatan emosional kepada lingkungannya.

2. Influence : memiliki ciri suka berhubungan dengan orang, berkomunikasi dan bekerja dengan orang lain. Individu yang selalu antusias dan semangat, mudah percaya kepada orang lain dan sangat menghargai orang lain. Seringkali individu ini menjadi inspirasi untuk orang disekitarnya dan selalu nyaman ketika di dalam kelompok. Individu kelompok ini tidak menyukai penolakan dari lingkungan, terkadang ceroboh dan tidak rapi atau teliti.

3. Steadiness: Memiliki ciri sabar, tekun dan penuh perhatian. Pembawaan tenang dan pendiam, tidak mudah bosan terhadap pekerjaan rutin. Menyukai ketenangan, tidak menyukai konflik dan menyukai lingkungan tidak banyak perubahan. Namun individu kalau kelompok ini, selektif dalam memilih teman, tidak menyukai perubahan yang mendadak dan cenderung keras kepala jika sudah memiliki pendirian.

4. Compliance: memiliki ciri yang menyukai hal yang berkaitan dengan detail, mengikuti prosedur dan tanggung jawab. Individu dalam kelompok ini penuh pertimbangan, kritis, menyukai kesempurnaan, memiliki standar pekerjaan yang tidak dan akan serius untuk mewujudkannya. Namun kelompok individu ini. Lambat dalam mengambil keputusan, kurang dapat menerima kritik dan kurang dapat menerima perubahan lingkungan.

Sebenarnya kalau DISC, kalau analisa lengkap akan ada 32 tipe kepribadian. Namun untuk dasar ada baiknya untuk mengetahui 4 jenis pokok kepribadiannya, karena 32 itu adalah turunan dan gabungan dari 4 tadi. Sengaja untuk yang lain ini tidak saya jelaskan.

Walaupun saya lulusan psikologi, untuk memahami bahwa kepribadian ini sangat berpengaruh atau mempengaruhi ketika memilih pekerjaan. Setelah beberapa kali tes alat psikologi yang berbeda, dan menunjukkan kecenderungan yang berbeda, baru saya menyadari bahwa tipe kecenderungan saya bekerja, saya akan merasa tertekan dengan kondisi tertentu yang dulu kurang saya pahami. Saya akan lebih perform jika pada situasi tertentu dan tidak menyukai gaya bekerja tertentu yang dapat menghambat performance saya.

Apa gunanya anda mengetahui kepribadiannya anda dalam konteks tes DISC ini? Minimal anda mengetahui tipe kepribadian anda, dan bisa memperkirakan pekerjaan yang cocok yang mungkin anda lamar. Sehingga antara diri anda dan pekerjaan yang akan anda jalani tersebut tidak akan bertolak belakang. Selain itu juga dapat untuk memetakan kekuatan dan kelemahan sendiri agar lebih mengetahui diri sendiri.


Tags:

10 comments on “Tipe Kepribadian Manusia Menurut Tes DISC

  1. K says:

    Maaf. Saya kurang mengerti bgaimana cara menentukan pekerjaan yg cocok berdasarkan hasil tes disc ini.

  2. […] Steady: Memiliki ciri sabar, tekun dan penuh perhatian. Pembawaan tenang dan pendiam, tidak mudah bosan terhadap pekerjaan rutin. Menyukai ketenangan, tidak menyukai konflik dan menyukai lingkungan tidak banyak perubahan. Namun individu kalau kelompok ini, selektif dalam memilih teman, tidak menyukai perubahan yang mendadak dan cenderung keras kepala jika sudah memiliki pendirian. (src: http://www.tekun.info/tipe-kepribadian-manusia-menurut-tes-disc/) […]

  3. Oktobo says:

    DISC ini jika dihubungkan dengan sanguinis, melankolis, phlegmatis dan koleris apakah sama?
    saya lihat mirip2 soalnya

  4. apa ada test gratisnya pak? terimakasih

  5. Ositus.com says:

    wah menarik sekali sy tipe yg mana yaa hehe

Leave a Reply