Wisata ke Pulau Derawan Berau Kalimantan Timur

September 3, 2016 | By admin | Filed in: Kenangan.

Wisata ke Pulau Derawan, Berau Kalimantan TimurWisata ke Pulau Derawan, Berau Kalimantan TimurWisata ke Pulau Derawan, Berau Kalimantan Timur

Wisata ke Pulau Derawan Berau Kalimantan Timur, Pulau Derawan ini, tepat letaknya adalah di Kabupaten Berau, sebuah tempat wisata yang sedang naik daun. Saya awalnya mendengar wisata pulau Derawan ini dari teman-teman. Akhirnya pada pada awal tahun 2014, diberikan kesempatan oleh atasan di ajak ke sana, dalam rangka survey untuk tempat pelatihan yang akan diselenggarakan disana. Untuk akses dari Berau sendiri, bisa ditempuh dengan angkutan sewa atau dengan menggunakan mobil sendiri. Jika anda dari luar Kalimantan misalnya jawa, ada penerbangan Jakarta berau, connecting di Balikpapan. Untuk tiketnya kisaran Rp. 900.000-Rp 1.200.000. Kalau dari bandara Berau, estimasi Rp. 300.000 menuju ke tempat penyebarangan. Jalannya relatif bagus dan masih asri, kanan kiri banyak pohon, walaupun bukan hutan yang lebat. Ketika di penyebarangannya, disana ada banyak café untuk mencari makan, untuk menu-menunya juga enak dan tidak mahal, pas kesana mencoba coto Makassar, sotonya orang Makassar. Cukup enak. Jika ingin makan yang berkaitan dengan ikan, banyak café-café disekitar sana.

Sedangkan untuk akses penyebrangan menuju pulau derawan menggunakan speed boat, untuk harga per orang Rp. 150.000 sekali jalan, namun jika anda menyewa satu speed boat untuk rombongan maka lebih hemat, Rp. 400.000 pulang pergi jika satu hari. Namun jika menginap untuk kalau tidak salah sekitar Rp. 600.000 pulang pergi, satu boat. Kalau tidak lupa J. Perjalanan dari penyebarangan sampai ke Pulau Derawan sekitar 40 menit. Lautnya tidak banyak ombak, tenang dan sesekali ada ikan-ikan kecil, bergerombol naik ke permukaan air laut, jadi pemandangan tersendiri.

Sesampai di Pulau, anda akan disambut laut yang jernih, sampai dasarnya kelihatan, cocok yang suka dengan snokling ataupun anda suka memancing. Setelah masuk kesana ada banyak resort, dari harga yang mahal sampai yang murah. Tergantung budget dan keinginan anda, ketika itu saya beberapa kali bertanya ada yang kisaran Rp. 200.000 per malam sampai Rp. 500.000 tergantung letaknya. Jika ingin harga yang lebih murah, berjalanlah lebih ke dalam kampung, bertanya penginapan yang murah, pendukungnya ramah-ramah dan enak untuk diajak mengobrol. Bahkan disana ada resort yang sudah dikontrak sama wisawatan luar negeri 10 tahun, mungkin dikarenakan harga yang murah jika dibandingkan misalnya wisata di bali ataupun Lombok dan mereka bisa setiap tahun kesana.

Fasilitas di tengah Pulau Derawan ini tergolong lengkap, dari resort dan penginapan dengan berbagai fasilitasnya, sampai jaringan telekomunikasinya. Bahkan untuk sinyal XL, saya menggunakannya, sudah 3G. Kondisi pantai derawan bersih dan berpasih putih dengan ombak yang tenang, cocok digunakan untuk bersantai. Beberapa kali disana ditemui wisatawan dari luar negeri. Nampaknya banyak yang sudah mengenal pulau derawan. Susur pantai cocok dilakukan disana, apalagi kalau cuacanya mendukung dan cerah, seperti ketika saya datang kesana. Di sekeliling Pantai Derawan ini, selain ada resort, ada gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Wisata disana kurang cocok apabila dilakukan sendiri, dikarenakan tempatnya yang tenang, jika anda suka dengan lebih sedikit ramai, bisa mengajak teman atau rekan kerja. Jika anda sudah memiliki suami atau istri, tempat ini cocok untuk berlibur, yang tentunya dengan suasana yang sangat romantis.

Ketika saya kesana tidak menginap dikarenakan hanya survey saja, setelah tanya sana sini berkaitan dengan harga, dan menghitung secara kasar jika mengadakan pelatihan disana, ditambah dengan sedikit menikmati pemandangan pulau derawan yang masih bersih dan asri. Kami pulang, dengan speed boat yang sama, yang tadi menunggu. Pemilik speed boat mengatakan bahwa speed boat tersebut adalah miliknya pribadi, seharga Rp. 60.000.000 dan digunakan sebagai mata pencaharian sehari-hari. Dengan adanya tempat wisata ini yang sedang di promosikan oleh pemerintah Berau maupun Provinsi Kalimantan Timur harapannya akan menambah pendapatan masyarakat sekitar, seperti mendirikan café atau warung makan di sekitar penyebrangan, menyewakan speed boat, ataupun memiliki resort atau tempat penginapan di pulaunya. Ketika disana sempat membeli souvenir gantungan kunci, yang hand made dengan bahan yang ada di sekitar sana. Nampaknya ibu-ibu penjualnya sudah di edukasi oleh pemerintah setempat untuk membuat souvenir. Harganya pun tidak mahal Rp. 10.000 untuk gantungan kunci yang terbuat dari kulit keras dan ada kepiting kecil di dalamnya, menggunakan fiber sepertinya. Tentu harga seperti itu akan jarang ada untuk tempat wisata yang seindah Derawan.


Tags: , , , , ,

4 comments on “Wisata ke Pulau Derawan Berau Kalimantan Timur

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata, menurut saya pariwisata indonesia merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi pada waktu liburan.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata

  2. Novan says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata pulau derawan berau, saya juga punya penulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi disini Pariwisata Indonesia

Leave a Reply